Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia

7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia - Indonesia, merupakan negara yang memancarkan pesona alam, budaya, dan berbagai daya tarik lainnya yang amat mengagumkan tak hanya oleh anak negeri, bahkan dunia pun mengakuinya.

Diantaranya dengan puluhan ribu pulaunya, Indonesia memiliki berbagai keunikan dan keindahan alam yang tiada duanya, mulai dari adat istiadat, tradisi, suku bangsa, ataupun kekayaan flora dan faunanya. Namun selain kelebihan-kelebihan yang disebutkan tadi, berikut 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia..

Jangan lupa baca juga artikel saya yang lain tentang gedung-gedung unik yang ada di dunia. Sayang banget kan kalau gak lihat, hehe ^__^

1. Pantai Plengkung – Ombak Terpanjang dan Terbesar

Pantai Pelengkung – 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia
Jika selama ini kita hanya mengenal Pantai Kutai, Sanur dan Nias sebagai surganya para peselancar, namun selain pantai-pantai tadi ada sebuah pantai di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur yang tak kalah terkenalnya di mata peselancar dunia. Pantai ini bernama Pelengkung atau lebih sering disebut G-Land karena wilayahnya menyerupai huruf ‘G’ jika dilihat dari atas.

Disebut-sebut ombak di Pantai Pelengkung yang setinggi 4-6 meter sepanjang 2 kilometer tersebut merupakan salah satu yang terbaik di dunia, bahkan konon dinyatakan sebagai ombak tertinggi kedua serta terpanjang di dunia.

Inilah yang membuat G-Land menjadi salah satu surganya peselancar dunia.

2. Rendang – Makanan Terenak di Dunia

Rendang – 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia
Siapa yang tak kenal masakan yang satu ini ? 

Rendang, meski dikenal sebagai masakan asli masyarakat Padang, Sumatera Barat, namun rendang juga populer di hampir seluruh pelosok tanah air.

Pada bulan Juli lalu, Rendang masuk di urutan ke-11 dari 50 daftar makanan terenak di dunia yang dipublikasikan oleh stasiun berita CNN. Urutan tersebut berdasarkan polling yang dilakukan melalui situs jejaring sosial facebook. Rendang menjadi satu-satunya makanan asal Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut, mengalahkan kelezatan kebab dari Turki, Lasagna dari Italia, fajitas dari Mexico dan pho dari Vietnam.

Selain rendang, juga ada nasi goreng yang dipilih menjadi salah satu makanan terlezat di dunia yang kemudian disusul dengan sushi dari Jepang, dim sum dari Hongkong, dan Peking Duck dari China.

Kemudian, pada polling di Facebook yang dirilis di CCNGo.com pada awal September lalu, rendang dan nasi goreng dipilih sebagai makanan terlezat di dunia, nomer satu dan dua, menggeser posisi Massaman Curry dari Thailand dan Neapolitan Pizza dari Italia. Sementara Sate berada di posisi ke-14.

3. Goa Petruk – Goa Terdalam

Goa Petruk – 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia.jpg
Goa Petruk di Kebumen, Jawa Tengah merupakan salah satu gua terdalam di dunia yang secara keseluruhannya terdapat panorama alam, yaitu batu stalaktit dan stalakmit yang menyerupai berbagai bentuk.

Gua Petruk ini terbagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama hanya terdapat kelelawar yang berterbangan, sementara bagian kedua yang diberi nama ‘Gua Semar’ terdapat pemandangan dari bebatuan yang cukup indah serta mempesona. Dan Gua yang terakhir disebut dengan Gua Petruk, karena dalam gua tersebutlah sebenarnya terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidung Petruk, tokoh wayang. Sayang, karena ulah Belanda yang kala itu melakukan penambangan, maka bentuk hidung petruk tersebut menjadi putus.

Gua petruk ini memiliki kedalaman jelajah mencapai 2000 Meter atau lebih tepatnya 2 KM.

4. Gunung Tambora – Letusan Gunung Terdahsyat

Letusan Gunung Tambora – 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia
Letusan Gunung Tambora yang berada di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat menjadi fakta unik dari Indonesia berikutnya.

Pada bulan April 1815 silam, Gunung Tambora meletus dan menjadi letusan gunung terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia. Letusan Tambora terdengar hingga Pulau Sumatera atau lebih dari 2000 KM dengan abu vulkaniknya jatuh hingga ke Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku serta menyebabkan kematian tidak kurang dari 71.000 jiwa.

Letusan Gunung Tambora ini pun juga menyebabkan perubahan iklim dunia. Akibat perubahan iklim yang drastis tersebut banyak panen yang gagal dan kematian ternak di bumi bagian utara hingga menyebabkan kelaparan terburuk pada abad ke-19.

5. PT. Semen Padang – Pabrik Semen Tertua

PT Semen Padang  – 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia
PT Semen Padang yang berdiri pada tanggal 18 Maret 1910 di Padang, Sumatera Barat ini adalah pabrik semen tertua di Indonesia. Pabrik semen padang mulai berproduksi pada tahun 1913 dengan kapasitas 22.900 ton/tahun dan pernah mencapai produksi terbesar yaitu 170.000 ton pada tahun 1939 yang merupakan produksi tertinggi pada waktu itu.

Ketika Jepang menguasai Indonesia di tahun 1942-1945, pabrik diambil alih oleh Jepang. Pada kemerdekaan di tahun 1945, akhirnya pabrik diambil alih oleh karyawan dan selanjutnya diserahkan kepada pemerintah RI. 

6. Papua – Hutan Tropis Terluas

Hutan Tropis Papua – 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia
Sebagai hutan hujan atau hutan tropis yang banyak menerima hujan, biasanya memiliki banyak flora dan fauna yang beranekaragam dan mengagumkan. Para ilmuwan menyebutkan bahwa lebih dari separuh spesies flora dan fauna yang ada tinggal di hutan hujan ini.

Hutan hujan hanya meliputi wilayah sekitar 2% dari wilayah tanah bumi, tetapi hutan hujan masih menyediakan 40% oksigen. Di Indonesia, Hutan tropis terluas adalah hutan tropis di provinsi Papua, dengan luas mencapai 28.816 KM persegi.

Sementara itu hutan hujan yang paling terkenal di dunia adalah hutan Amazon di Amerika.

7. Spesies Ikan Hiu Terbanyak

Spesies Hiu – 7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia
Fakta unik dari Indonesia yang mendunia terakhir adalah Indonesia memiliki spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu mencapai 150 jenis. 

Sebagai negara maritim, Indonesia telah memperoleh pengakuan dari dunia internasional yakni memiliki luas laut  75% dari luas daratan. Dikatakan demikian sebab Indonesia merupakan lintasan jalur pelayaran penghubung samudera Pasifik dengan samudera Hindia, dan benua Asia dengan benua Australia untuk kepentingan perdagangan maritim internasional dan militer global. 

Maka tak heran jika perairan Indonesia memiliki 150 spesies hiu. Tercatat antara lain, Hiu Paus, Wild Shark atau dikenal juga dengan Hiu Geger Lintang yang merupakan ikan terbesar di dunia dengan panjang 65 Meter dan berat 37.000 KG serta masih banyak lagi jenis ikan hiu lainnya. Dengan jumlah spesies tersebut, Indonesia layak mendapat predikat negara yang memiliki spesies hiu terbanyak di dunia.

Nah Itulah tadi Fakta Unik Indonesia yang Mendunia versi Albab Alpachino. Saya percaya bahwa sebenarnya masih banyak keunikan Indonesia lainnya yang belum kita ketahui, karena saya yakin Indonesia itu sangat kaya akan keunikan yang tidak dimiliki negara manapun di dunia ini.

Selamat mencintai Indonesia!

16 comments for "7 Fakta Unik Indonesia yang Mendunia"

  1. mantap arkitelnya gan, jadi makin bangga jadi anak indonesia

    ReplyDelete
  2. keren gan. ditunggu kunjungan baliknya ke tudjuh.blogspot.com. :)

    ReplyDelete
  3. artikel yang menarik, dan saya bangga menjadi warga Indonesia

    ReplyDelete
  4. Baru tahu banyak banget yah spesies dari Ikan hiu ampe ratusan begitu,, keren unik bener

    ReplyDelete
  5. wah, keren gan, yang rendang jadi makanan nomer 1 terenak di dunia ya gan? Mantab

    ReplyDelete
  6. Ternyata hutan tropis terbsar itu papua ya, kirain Kalimantan Hehehe salam ini salah ternyata

    ReplyDelete
  7. ternyata spesies Hiu terbanyak ada di Indonesia ya, sangat menarik

    ReplyDelete
  8. indonesia itu sempurna semuanya komplit di indonesia, sampai-sampai manusia kepiting pun ada di indonesia

    ReplyDelete
  9. Gua Jatijajar emang keren banget deh
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    ReplyDelete
  10. keren ,,,rendang jd yg terbaik di dunia.....

    ReplyDelete
  11. makasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  12. keren, kebetulan ane juga orang padang, jadi dah tau ama rendang + semen padang :D

    ReplyDelete
  13. artikelnya sangat bagus dan bermanfaat. saya selalu berminat untuk membaca artikel ini.
    jangan lupa untuk berkunjung disini ya http://brangkas.id/

    ReplyDelete