Yuk Mari Kenali Jam Kerja Organ Tubuh Manusia

Leave a Comment
Organ tubuh manusia punya jam khusus untuk mempekerjakan atau mengistirahatkan ‘diri’nya, layaknya mesin yang punya masa kerja dan masa istirahat. Namun, banyak orang yang masih kurang memiliki pemahaman terhadap jam kerja organ tubuh ini.

Sering begadang dan melewatkan istirahat di malam hari, selain dapat menyebabkan timbulnya penyakit juga dapat menyebabkan proses detoksifikasi dalam tubuh tidak akan berjalan secara sempurna.

Oh iya, jangan lupa baca juga artikel kesehatan saya yang lain tentang tips ampuh dalam membeli obat herbal. Semoga bermanfaat.

Indahnya Hidup Sehat via vemale.com
Mulai sekarang, yuk mari kenali dan cintailah tubuh Anda sendiri secara lebih mendalam dengan mengetahui jadwal bekerja organ-organ tubuh Anda. Sebab hal tersebut sangat penting demi terjaganya stabilitas tubuh serta mengantisipasi berbagai gangguan kesehatan. Yuk Mari Kenali Jam Kerja Organ Tubuh Manusia..

1. Lambung

Pukul 07.00 s.d. 09.00 Merupakan jam tugas terberat bagi lambung. Sarapan akan membantu proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Apabila anda tidak memiliki masalah dengan lambung pada saat perut masih kosong, sebaiknya anda minum jus buah atau sayuran sebelum sarapan karena kandungan zat yang penting dalam jus akan segera terserap oleh tubuh.

Pukul 19.00 s.d. 21.00 Merupakan jam tugas terlemah lambung. Sebaiknya anda tidak memakan makanan yang susah dicerna atau makanan yang memerlukan waktu lama untuk dicerna. Akan lebih baik jika anda sudah berhenti makan pada jam-jam ini, untuk mengurangi beban kerja lambung.

2. Limpa

Pukul 09.00 s.d. 11.00 Merupakan jam tugas terberat limpa. Tugasnya adalah mengangkut cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Kalau anda merasa mengantuk pada pukul 09.00 s.d. 11.00, itu berarti fungsi limpa anda sedang melemah. Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

Pukul 21.00 s.d. 23.00 Merupakan jam tugas terlemah limpa. Pada jam-jam ini terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Sebaiknya anda sudah beristirahat pada jam-jam ini agar daya tahan tubuh anda dapat meningkat.

3. Jantung

Pukul 11.00 s.d. 13.00 Merupakan jam tugas terberat jantung. Anda disarankan untuk beristirahat pada jam-jam ini. Pada jam ini sebaiknya anda menghindari panas matahari, marah atau berolahraga. Pada jam ini juga biasanya jam istirahat kantor atau sekolah dilakukan.

Pukul 23.00 s.d 01.00 Merupakan jam tugas terlemah jantung. Sebaiknya anda sudah tidur ya pada jam ini... Kalau masih diteruskan bekerja atau begadang, nantinya akan melemahkan fungsi jantung.

4. Hati

Pukul 13.00 s.d. 15.00 Merupakan jam tugas terlemah hati. Pada jam ini, darah merah akan berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi hati kuat, tubuh akan kuat menangkal semua penyakit.
 
Ini hati beneran loh yaa, sakit hati karena cinta gak termasuk, uhuk.

Pukul 01.00 s.d. 03.00 Merupakan jam tugas terkuat hati. Pada saat ini terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolisme tubuh. Apabila anda memiliki gangguan fungsi hati, akan terlihat pada kotoran yang anda keluarkan dan gangguan mata yang anda alami.

5. Paru-paru

Pukul 15.00 s.d. 17.00 Merupakan jam tugas terlemah paru-paru. Pada saat ini, anda perlu beristirahat untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru.

Pukul 03.00 s.d. 05.00  Merupakan jam proses pembuangan racun atau limbah pada paru-paru. Apabila anda batuk, bersin-bersin, dan berkeringat dingin di malam hari, itu menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru.

6. Ginjal

Pukul 17.00 s.d. 19.00 Merupakan jam tugas terberat ginjal. Inilah saat terbaik untuk belajar, karena pada saat ini terjadi proses pembentukan sumsum tulang serta merangsang kecerdasan otak.

Sebaiknya jam ini kita gunakan untuk belajar dibandingkan menonton acara televisi yang isinya sinetron-sinetron gak jelas (Baca : Wajah Buruk Sinetron Indonesia), dijamin prestasi belajar anda di sekolah akan meningkat.

7. Usus Besar

Pukul 05.00 s.d. 07.00 Merupakan jam tugas terkuat usus besar. Inilah alasan mengapa sebaiknya anda buang air besar di pagi hari secara teratur.
 
Itu dia jam kerja organ tubuh manusia, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ingat kawan, 'mencegah lebih baik daripada mengobati'. So, budayakan hidup sehat yaa mulai dari sekarang.

Selamat hidup sehat. Jangan lupa olahraga yaa.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang