Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pebisnis Start Up, Ayo Melek Digital !

Head_Pebisnis Start Up Ayo Melek Digital

“Bayu, kamu itu dari tadi ngapain sih ? kok kelihatan serius sekali di depan komputer? “ tanya Pak Joko kepada anaknya dengan begitu lugunya.


“ini nih yah, Bayu sedang milih-milih jersey original tim favorit Bayu, bayu mau beli 1 yah” jawab Bayu yang masih tidak beranjak dari depan komputer.


“Beli jersey kok di komputer ? beli jersey ya di toko olahraga dong bayu..” tanya Pak Joko lagi yang masih belum mengerti apa yang dimaksud Bayu.


Bayu pun menjawab “Ayah, bayu itu mau beli jerseynya dari internet, bukan dari komputer. Bayu beli sama orang yang punya toko olahraga dan dijual secara online juga”.


“Walah bayu..bayu ayah ndak paham kamu itu ngomong apa” jawab Pak Joko yang terlihat masih binggung.


Bayu pun akhirnya menjelaskan “Ayah, sekarang itu sudah banyak orang yang membeli barang lewat internet, sama seperti bayu yang beli jersey lewat internet. Ayah juga bisa kok kalau mau beli barang lewat internet. Bahkan, sepatu yang ayah jual di toko, bisa juga kok ayah jual di internet”. Pak Joko sedikit kaget “Sepatu yang ayah jual di toko, dijual di internet ? memang bisa bayu ? “

Pebisnis Start Up, Ayo Melek Digital ! - Mungkin itulah gambaran dari kebanyakan orang yang masih “buta” akan kemajuan teknologi saat ini. Masih banyak orang yang belum mengetahui betapa dahsyatnya kekuatan teknologi. Orang-orang itulah yang disebut “Buta Teknologi”. Sama halnya dengan “Buta Aksara” ataupun “Buta Warna”, orang-orang “Buta Teknologi” tidak bisa melihat teknologi sebagaimana orang lain melihat teknologi.
          
Orang-orang yang “Buta Teknologi” alias belum melek teknologi ini beragam pemiliknya, baik dilihat dari umur maupun profesi. Bukan hal yang aneh jika anda melihat seorang kakek-kakek mantan TNI tidak bisa mengoperasikan komputer, namun tentu anda akan merasa aneh jika melihat seorang guru tidak bisa mengetik di komputer. Memang aneh, tapi ini kenyataan. Masih ada segelintir guru yang harus meminta tolong kepada muridnya untuk mengetikkan soal ulangan. Hal yang sama juga terjadi terhadap segelintir pengusaha start up. Masih ada beberapa pengusaha start up yang belum melek teknologi, seperti Pak Joko yang saya ilustrasikan di atas.

Pengertian_Pebisnis Start Up Ayo Melek Digital

Apa itu Start up Business ?

Berbicara mengenai start up, kurang afdhol rasanya jika anda tidak melihat apa sebenarnya bisnis start up itu. Seperti namanya yakni start yang berarti memulai, bisnis start up adalah bisnis baru yang pendapatannya relatif masih rendah. Bisnis start up ini umumnya berskala kecil dan memperkerjakan karyawan dibawah 20 orang. Mudahnya, bisnis start up itu seperti bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah.  

Sebenarnya kata start up adalah kata yang digunakan untuk menyebut perusahaan rintisan (baru) yang bergerak di bidang IT. Namun seiring berjalannya waktu, istilah start up business tidak hanya sebatas perusahaan rintisan (baru) di bidang IT saja, tetapi juga mulai dipakai dalam bisnis secara umum.

Melek digital dan Start up Business

Lalu apa hubungannya melek digital dan bisnis start up ? tentu anda akan tertawa mendengar pertanyaan ini. Bagaimana tidak, bisnis start up itu identik dengan bisnis yang bergerak di bidang IT, bisnis yang menomorwahidkan teknologi. Apa jadinya bila seorang start upper tidak bisa teknologi ?

Sekarang yang menjadi masalah adalah bisnis start-up tidak hanya sebatas bisnis maya yang keberadaannya hanya terendus lewat internet dan perangkat teknologi lainnya. Kini, istilah start up juga digunakan untuk menyebut semua bisnis baru. Ya, anda tidak salah dengar, semua bisnis baru !

Disinilah anda akan menjumpai permasalahannya. Tidak semua orang yang merintis bisnis baru (start up business) paham betul dengan teknologi. Contoh mudahnya adalah Ayah Bayu yang saya ilustrasikan diatas. Meskipun si ayah memiliki toko sepatu, tetapi beliau tidak mengerti apa-apa tentang teknologi. Ayah Bayu tidak paham dengan internet.

Di zaman yang sudah serba teknologi ini, tentu sudah menjadi sebuah keharusan untuk bisa menguasai teknologi. Apalagi bagi seorang pebisnis start up, teknologi menjadi elemen penting yang tak terpisahkan. Teknologi melalui internet menawarkan kemudahan bagi pebisnis start up untuk memasarkan produk mereka dengan biaya yang relatif murah. Pebisnis start up tidak perlu pusing-pusing mencari tambahan dana untuk biaya promosi melalui media cetak ataupun elektronik.

Pengguna Internet__Pebisnis Start Up Ayo Melek Digital

Menariknya, sebanyak 55 juta dari 245 juta penduduk di Indonesia kini telah menggunakan internet. Alangkah rugi jika seorang pebisnis tidak menggunakan internet untuk menarik 55 juta penduduk ini. Tidak hanya itu, berdasarkan data Kominfo April 2012, jumlah pengguna jejaring sosial di Indonesia juga besar. Setidaknya tercatat sebanyak 44,6 juta pengguna Facebook dan sebanyak 19,5 juta pengguna Twitter di Indonesia. Sungguh sangat menggiurkan jika menjadikan internet sebagai media promosi yang murah meriah bagi pebisnis start up.

Keuntungan Melek Digital

Dari berbagai fakta yang menggiurkan itu, tentu saja akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri apabila seorang pebisnis start up melek digital. Pebisnis start up yang melek digital akan selangkah lebih maju daripada pebisnis start up yang belum melek digital. Mudahnya, mari ambil contoh pebisnis start up yang menggunakan internet dalam bisnisnya dan pebisnis start up yang tidak.

Pebisnis yang melek digital tentu saja akan memanfaatkan internet dalam kegiatan bisnisnya. Dengan menggunakan internet para pebisnis start up akan mendapatkan banyak keuntungan. Keuntungan-keuntungan itu antara lain :

1. Mendapatkan pangsa pasar baru, yaitu pengguna internet dan social media. Pasar menjadi  tidak sebatas pada konsumen yang mengunjungi toko saja.
2. Mengetahui trend yang sedang hangat di masyarakat sehingga bisa memberikan inovasi–inovasi dalam usahanya sesuai dengan trend tersebut.
3. Unlimited time alias tidak terbatas waktu. Pebisnis start up yang menggunakan internet sebagai alternatif berjualan selain secara konvensional tidak akan terikat oleh waktu. Tidak ada kata toko tutup. Full 24 jam dalam 7 hari.
4. Dimana saja, siapa saja.

Keuntungan -keuntungan diatas hanyalah segelintir keuntungan yang akan diperoleh pebisnis start up apabila mereka memaksimalkan internet dalam kegiatan bisnis mereka. Tentu saja, pebisnis yang memaksimalkan internet dalam kegiatan bisnis mereka adalah pebisnis yang melek digital ! hehehe

Sebaliknya, pebisnis start up yang belum melek digital akan tertinggal satu langkah di belakang pebisnis start up yang sudah melek digital. Kerugian-kerugian yang akan didapat pebisnis start up yang belum melek digital diantaranya:

1. Pasar sebatas konsumen yang mengunjungi toko saja. Tidak semua orang dapat membeli produknya.
2. Lambat mengetahui trend karena tidak terbiasa dengan social media maupun internet.
3. Biaya promosi mahal, karena harus berpromosi tanpa melalui internet dan harus berpromosi melalui radio, televisi ataupun media cetak.
4. Bisnis akan sulit berkembang.

Tentu menjadi sebuah kerugian besar apabila seorang pebisnis start up, pebisnis yang baru memulai usahanya mengalami hal itu. Maka langkah pertama yang harus dilakukan oleh pebisnis start up agar terhindar dari itu semua adalaah…ya betul ! Melek digital ! mulai dari sekarang !

Kekurangan Melek Digital

Namun tetap saja, ibarat 2 sisi yang saling berlawanan, melek digital tidak selalu berujung positif. Kadang melek digital juga bisa berujung negatif. Agar lebih mudah, mari ambil contoh internet. Pebisnis start up yang menggunakan internet (bisnis online) tidak selalu mendapatkan keuntungan dari internet, kadang mereka justru menderita kerugian akibat internet. Berikut ini beberapa kerugian pebisnis start up akibat internet :

1. Uang tidak bisa langsung diterima tunai karena pembayaran biasanya dilakukan melalui transfer bank.
2. Tambahan biaya ongkos kirim barang kepada konsumen yang membeli melalui internet sehingga barang menjadi lebih mahal dari harga pasarannya.
3. Ada kecenderungan barang terlambat datang ke tangan konsumen sehingga akan membuat konsumen merasa kecewa. Berbeda dengan konsumen yang membeli langsung di toko, barang akan langsung berpindah tangan ke konsumen.
4. Menjalankan bisnis melalui internet tidak sesimple kelihatannya, pebisnis dituntut untuk dapat membuat sistem otomatis dalam toko virtualnya.

Kripik Pedas “MAICIH”

Dari tadi ngomong teori mulu, bosen nih ! OK sekarang kita kebahasan selanjutnya yang lebih santai ya..

Memang kurang pas rasanya apabila berbicara tentang bisnis tetapi tidak ada bahasan pebisnisnya, hehehe. Karena sekarang anda sedang membaca tentang bisnis start up dan kaitannya dengan melek digital, maka saya akan menceritakan pebisnis yang tidak jauh-jauh dari bahasan kali ini.

Usaha start up memang identik dengan usaha baru. Tapi bukan berarti usaha start up itu kalah dengan usaha-usaha yang telah lama berdiri. Sebut saja Maicih, sebuah usaha kripik pedas yang sekarang sedang naik daun di Indonesia. Dulunya, usaha ini juga merupakan usaha start up kecil dari seorang Reza Nurhilman. Namun, berkat kegigihan dan inovasinya dalam mengembangkan usaha akhirnya Maicih bisa menjadi seperti sekarang ini.

Keberhasilan Maicih ini tidak terlepas dari peran media digital. Sang pemilik (Reza Nurhilman) bisa memanfaatkan dengan baik media digital dalam memasarkan produknya. Ia memanfaatkan media digital itu dengan menjajakan produk-produknya melalui jejaring sosial twitter. Sampai sekarangpun maicih masih menggunakan twitter dalam  menarik konsumen.

Salah satu faktor yang membuat Maicih bisa sukses seperti sekarang ini adalah “melek digital”-nya Reza Nurhilman. Jika saja Ia tidak melek digital, belum tentu Maicih bisa sesukses yang sekarang ini. Ingat ya, saya bilang salah satu faktor loh, jadi tidak hanya faktor ini saja yang membuat Maicih bisa sukses seperti yang sekarang ini, hehe..

Kesimpulan__Pebisnis Start Up Ayo Melek Digital

So, The Conclusion Is….

Dari bahasan diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa melek digital itu penting bagi seorang pebisnis start up. Seorang pebisnis start up hendaknya wajib menguasai teknologi dan media-media digital seperti internet. Ngga ada salahnya kok menjadi melek digital, justru dengan melek digital akan didapat banyak sekali manfaat, baik bagi pebisnis itu sendiri maupun bisnis yang dijalankannya.
            
Tapi tetap saja, “melek digital” tidak sepenuhnya baik. Ada kekuatan (strong) dan kelemahannya (weakness) sendiri-sendiri. Sebagai seorang pebisnis yang handal, hendaknya anda memaksimalkan keuntungan “melek digital” dan meminimalisir efek negatifnya, sehingga bisnis anda akan semakin berkembang.
            
Selain itu, kisah sukses yang ada dalam bahasan ini hendaknya dijadikan motivasi untuk menjadi “melek digital” dan memanfaatkan media digital  dengan sebaik-baiknya.
            

Melek Digital Untuk Start Up Business

Oh ya, AXIS sebagai brand penyedia layanan internet memberikan kemudahan bagi anda para pebisnis start up dalam melakukan aktivitas digital anda. Dengan didukung jaringan yang luas, kuota besar dan harga paling hemat membuat aktivitas digital anda semakin lancar tanpa pusing memikirkan biaya tambahan. AXIS emang bener-bener internet untuk rakyat ! saya sudah membuktikannya sendiri kok :)

Untuk website axis bisa anda kunjungi disini
Jangan lupa like fanspagenya disini dan follow twitternya @dunia_AXIS

7 comments for "Pebisnis Start Up, Ayo Melek Digital !"

  1. ini ikut lomba blog AXIS melek digital untuk start up business ya ?
    semoga sukses !

    ReplyDelete
  2. Keren banget tulisannya....calon bakalan menang nih :)
    Sukses dengan kontesnya, gan!
    Salam kenal dan kalau sempat mampir sekalian mengundang untuk gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    ReplyDelete
  3. salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
    maaf,saya masih Newbie

    ReplyDelete
  4. Memang sih klo pebisnis harus Visioner ya gan :D

    ReplyDelete
  5. kak,, banner link kakak sudah terpasang dengan rapi di blog saya...silahkan di cek,,,http://dennyaby321.blogspot.com/
    pasang banner/link saya juga ya kak...

    ReplyDelete