Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bekal Sukses itu Bernama “PD”

Percaya Diri - Bekal Sukses Itu Bernama PD
Bekal Sukses itu Bernama “PD” Sobat Blogger, masalah krisis kepercayaan diri (krisis PD) mungkin seringkali menjadi salah satu masalah klasik yang dialami oleh sebagian orang. Meski kelihatannya sederhana, namun jika dibiarkan berlama-lama, krisis PD ini bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Nah, salah satunya contohnya adalah potensi yang ada dalam diri kita akan terhambat.

Sekarang coba kita kaji lebih dalam sejauh mana pengaruh kepercayaan diri ini bisa mempengaruhi keberhasilan seseorang. Misalnya saja ketika kita menghadiri seminar atau sebuah pertemuan, pasti banyak di antara kita yang lebih nyaman memilih tempat duduk di belakang ketimbang di depan. Mengapa ? Alasannya sederhana.. "takut ditanya sama si pembicara".

Namun saat seminar sudah dimulai, yang duduk paling belakang justru seringkali malah jadi tidak begitu kelihatan atau tidak bisa mendengar dengan baik apa yang dibicarakan oleh si pembicara karena terhalang oleh mereka yang duduk di depan ! Sobat Blogger, adakah yang pernah merasa seperti itu? :-)

Satu contoh lagi ketika saat kita masih berstatus pelajar, apakah kita termasuk yang malu-malu untuk angkat tangan dan memberikan jawaban yang sebenarnya kita tahu atas pertanyaan yang ditanyakan guru kita? Aku jadi teringat sama guruku nih, dulu saking sepinya kelas yang beliau ajar, akhirnya setiap dia mengajar di kelas, dia selalu ngasih pertanyaan, dan siapa yang bisa jawab dikasih uang. Uangnya bervariasi tergantung tingkat kesulitan soalnya, haha 

Sekarang, coba kita cari tahu apa saja yang menyebabkan orang suka minder atau kurang PD! Sobat Blogger, Berikut beberapa alasannya:            

1. Sering berpikir yang 'tidak-tidak' tentang diri mereka!

"Coba kalau aku ganteng, aku mau dong jadi artis terkenal kaya Christian Sugiono! ...Tapi sayang, aku nih pendek & item, plontos lagi!!" *wkwkkwk, hanya perumpamaan

Sobat Blogger, jangan pernah memandang sebelah mata terhadap apa yang ada pada diri kita. Semua yang kita miliki adalah anugerah Tuhan yang pasti ada manfaatnya.

2. "Takut Salah" bisa membuat kita tidak maju.

Jika kita selalu takut salah dalam melakukan sesuatu, maka pastinya kita tidak akan pernah bisa berhasil. Mau ngerjain sesuatu takut salah, mau apa-apa takut, bisa-bisa pekerjaan itu tidak akan pernah terselesaikan dan yang ada kita tidak akan pernah bisa untuk maju. Janganlah Sobat Blogger takut salah! Karena kesalahan sebenarnya adalah langkah awal menuju keberhasilan. Keberhasilan yang tertunda gitu kali yah istilahnya.

Tokoh-tokoh besar dunia yang penemuannya sekarang kita nikmati pun, dulunya mereka banyak melakukan kesalahan. Namun, mereka terus dan terus mencoba untuk memperbaiki kesalahannya hingga tercipta sebuah penemuan yang besar, seperti lampu pijar, pesawat terbang, Google :-)

Oleh sebab itu, jangan pernah takut
 salah!

3. Jika kita bergaul dengan pengecut, otomatis kita juga akan jadi pengecut

Sobat Blogger, pergaulan bisa mempengaruhi kepribadian kita lho. Jika Sobat Blogger berada di lingkungan yang mayoritas tidak memiliki rasa PD yang tinggi, maka jangan harap Sobat Blogger bisa PD. Percaya deh, sedikit banyak, PD kita sangat dipengaruhi oleh lingkungan dimana kita berada. Oleh sebab itu, Sobat Blogger harus pandai-pandai mencari teman atau pergaulan yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Sobat Blogger juga pasti pernah mendengar
kan istilah "Jika ingin kaya, bergaulah dengan orang orang kaya". Maksudnya, bukan berarti kalau ngga punya duit bisa bersandar pada mereka dan minjem uang. Tapi tujuannya adalah agar bisa menyerap 'cara berpikir' mereka yang bisa membuat mereka menjadi kaya!

4. Tidak perlu terpengaruh pendapat orang lain

Kita seringkali terpengaruh dengan pendapat orang lain. Sayangnya, tidak semua pendapat itu benar. Pendapat atau masukan dari luar boleh saja kita tampung. Hanya saja, tugas kita harus 'mengolahnya', sekaligus untuk evaluasi diri.

Jika ada pendapat yang justru membuat Sobat Blogger menjadi mundur dan tidak berhasil, maka Sobat Blogger berkewajiban menolaknya, tanpa perlu terpengaruh oleh pendapat itu. Singkat kata, hilangkan jauh-jauh rasa minder dalam diri kita. Sobat Blogger juga tidak perlu resah dengan kekurangan yang ada. Jika Sobat Blogger melakukan kesalahan, tinggal perbaiki kesalahan yang Sobat Blogger buat, dan jadikan kesalahan itu sebagai pengalaman.

The last but not least...  Selalu perkaya diri dengan ilmu. Karena dengan memiliki banyak ilmu, otomatis kekurangan yang ada pada diri kita dalam hal lain bisa tertutupi oleh kelebihan lain yang kita miliki! begitu banyak orang yang tidak menyadari 'sleeping giant' dalam dirinya, sehingga potensi-potensi dahsyat dan besar yang dimilikinya acapkali diabaikan oleh alam pikirannya sendiri, yaitu perasaan minder alias TIDAK PD!

So, percaya dirilah Sobat Blogger! Agar semua potensi dahsyat yang Sobat Blogger miliki
 'keluar' dan tidak lagi terhambat!

1 comment for "Bekal Sukses itu Bernama “PD”"