7 Keanehan Istana Presiden Indonesia (Bag. 2)

6 comments
Setiap bangunan mempunyai cerita. Entah itu sejarah pembuatannya, kisah yang terjadi di dalamnya ataupun mitos-mitos yang meliputinya. Tak terkecuali bangunan megah milik orang nomer satu di Indonesia, Istana Presiden. Istana-istana itu ternyata menyimpan rahasia mistis yang menarik untuk diperbincangkan.

Ini adalah artikel lanjutan dari 7 Keanehan Istana Presiden Indonesia (Bag. 1). Jika Anda belum membaca seri pertamanya, saya sarankan untuk membacanya lebih dahulu.

Langsung saja, inilah 7 Keanehan Istana Presiden Indonesia (Bag. 2) versi Albab Alpachino.

4. Ki Hujan, Pohon Berusia 144 Tahun di Istana Merdeka

Rabu, 22 Oktober 2014 Presiden Joko Widodo menggelar jumpa pers perdana sejak dilantik pada 20 Oktober lalu di halaman Istana Kepresidenan. Ada yang menarik dalam jumpa pers tersebut. Lokasi yang dipilih sebagai tempat jumpa pers juga tak biasa, yakni di bawah pohon Ki Hujan, nama sebuah pohon jenis trembesi besar yang ditanam di belakang Istana Merdeka.

Pohon Ki Hujan ini seperti menjadi saksi bisu atas segala yang terjadi di kompleks kepresidenan itu, diantaranya saat SBY pernah menerima penyerang kesebelasan nasional Prancis, Zinedine Zidane. Menariknya Ki Hujan ini ternyata sudah berusia 144 tahun sejak ditanam pada 1870, yang artinya 3 tahun sebelum Istana Merdeka dibangun oleh arsitek Drossares.

Meski ditopang oleh sejumlah tiang, pohon ini masih terlihat gagah. Menariknya lagi, pohon ini sempat diterjang angin puting beliung yang terjadi di kawasan istana pada 5 Januari 2012 silam. Banyak pohon bertumbangan, namun anehnya Ki Hujan tetap kokoh berdiri. Hanya dedaunannya saja yang rontok dan ranting-ranting kecil yang berjatuhan.

5. Patung Perunggu di Istana Bogor


Patung Perunggu Wanita di Istana Bogor
Image credit : Google
Istana Bogor merupakan salah satu dari 6 istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan sejarah historis, kebudayaan dan faunanya. Namun dibalik keunikan itu ternyata ada kisah misteri yang beredar di kalangan masyarakat tentang salah satu patung yang ada di istana yang dibangun pada tahun 1744 itu.

Konon beredar kisah tentang seorang peserta penataran yang berkunjung ke Istana Bogor dan melakukan hal usil ke salah satu patung perunggu berwujud wanita tanpa busana. Dengan sengaja, peserta penataran ini meletakkan bulu-bulu wol - rontokan dari karpet - di bagian terlarang patung tersebut. Keesokan harinya ia terkejut karena bulu-bulu serupa ada di kantong celananya. Dan ketika makan, ia pun tersedak tanpa sebab, namun yang keluar dari tenggorokannya adalah bulu-bulu karpet tersebut! Jangan-jangan... penunggu patung wanita itu marah dan akhirnya balas dendam, dijahilin juga deh peserta penatarannya, hiii..

Kabarnya almarhumah mantan ibu negara Hartini Soekarno pun sempat mengiyakan bahwa di Istana Bogor terdapat makhluk astral penunggunya. Konon ia pernah melihat seorang tamu yang tak kasat mata saat memasuki ruangan presiden di istana tersebut.

6. Kamar Mistis di Istana Tampaksiring

Istana Kepresidenan yang berada di Bali yakni Istana Tampaksiring adalah satu-satunya istana kepresidenan Republik Indonesia yang dibangun setelah indonesia merdeka. Karena kelima istana lainnya yakni Istana Merdeka, Istana Negara, Istana Cipanas, Istana Bogor, serta Istana Gedung Agung Yogyakarta dibangun semasa zaman kolonialisme Belanda.

Istana Tampaksiring biasanya digunakan oleh Presiden untuk rapat kerja, perundingan luar negeri atau sekadar digunakan untuk beristirahat. Istana Tampaksiring diprakarsai oleh Soekarno dan mulai dibangun pada tahun 1957 hingga 1963.

Di Istana tersebut terdapat sebuah kamar yang dulu sempat dihuni Soekarno. Konon menurut warga setempat, kamar tersebut hingga kini tidak dihuni dan sengaja dikosongkan karena ada kekuatan mistis yang meliputi ruangan tersebut. Sementara Presiden Indonesia yang datang berkunjung ke istana itu menempati bangunan lain yang tak jauh dari bangunan yang ditempati Soekarno.

7. Kitab Stambul di Istana Gedung Agung Yogyakarta

Istana Gedung Agung Yogyakarta juga tidak kalah angker. Kala itu Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) sampai meminta bantuan kepada seorang paranormal karena mengaku sering mendapat gangguan dari makhluk halus. Ternyata, setelah dilakukan “penglihatan” oleh sang paranormal, diketahui bahwa penyebab gangguan mistis itu berasal dari kekuatan kitab stambul yang sering berpindah secara ghaib di sekitar istana. Pada saat-saat tertentu juga sering terdengar suara prajurit sedang berbaris yang tidak kasat mata di Istana yang awalnya bernama Loji Kebon ini. Menakutkan!

Itulah tadi beberapa misteri di istana presiden yang pernah terjadi. Beberapa dari kisah diatas memberikan pelajaran kepada kita untuk tidak berbuat jahil kepada makhluk yang bukan sejenis dengan kita. Mari hidup rukun dan tidak saling menganggu satu sama lain yaa..

Ngomong-ngomong itu siapa yang barusan lewat ? jangan nengok ke belakang deh.

6 comments:

  1. wah serem juga ya istana presiden, saya malah belum pernah nih berkunjung ke istana kepresidenan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.
      itu kan bangunan bekas penjajahan belanda yang di renovasi, jadi mungkin banyak arwah2 bergentayangan akibat kekejaman belanda dulu. Ngeri yaa..hiii..

      Delete
  2. Jadi penasaran pengen lihat pohon ki hujan mas.

    ReplyDelete
  3. nggak nyangka juga ya, istana kepresidenan negara kita ini menyeramkan juga...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang