Duduk Terlalu Lama Itu Membunuhmu !

2 comments
Mungkin ketika Sobat Blogger sedang online, seringkali waktu tidak terasa cepat sekali berlalu. 3 jam ? 4 jam atau bahkan 12 jam ? serasa begitu cepat berlalu ketika kita sedang asyik ber-online ria. 

Ternyata, ketika kita duduk berjam-jam secara terus menerus tanpa melakukan aktivitas lain itu sangat berbahaya. Duduk berjam-jam tanpa henti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 64 persen, Sobat Blogger. 

Selain itu, dengan duduk terlalu lama seperti itu bisa mengurangi kualitas hidup kita selama tujuh tahun serta dapat membuat tubuh menjadi lebih rentan mengalami kanker. 

Parahnya nih, sebagian orang justru menghabiskan waktu hingga 15 jam hanya untuk duduk, baik di sofa, di kursi kantor, ataupun di dalam kendaraan. 

Simpelnya begini, duduk berlebihan itu dapat membunuh. Ah masa sih? kalo gak percaya, coba lihat apa yang terjadi ketika kita duduk berjam-jam tanpa henti berikut ini :

Duduk Terlalu Lama Itu Membunuhmu !

1. Sesaat setelah duduk 

Aktivitas elektrik pada otot kita melambat, tingkat pembakaran kalori juga ikut melambat satu kalori per menit. 

Nah, apabila kita duduk selama 24 jam, maka jumlahkan saja 1 kalori/menit dikali 24 jam. Yang terjadi adalah penurunan pembakaran kalori sebesar 40 persen yang bisa menyebabkan penyakit diabetes.

2. Setelah Dua minggu 

Jika kita terus menerus melakukan duduk berjam-jam tanpa henti dan tidak mengubah gaya hidup tersebut,maka tubuh kita ini akan meningkatkan trigliserida atau molekul lemak, kolesterol LDL alias kolesterol jahat, dan juga resistensi insulin. 

Ini berarti otot-otot kita tidak menggunakan lemak yang meningkatkan kadar darah sehingga berisiko mengalami kenaikan berat badan. Setelah dua minggu, konsumsi oksigen dalam tubuh menurun sehingga akan mempersulit kita naik tangga ataupun berjalan. 

Sobat Blogger yang biasanya online sampai 15 keatas apakah sudah pernah merasakannya ?

3. Dalam Satu tahun

Barulah setelah setahun, efek jangka panjang dari duduk ini mulai terasa. Menurut studi dalam jurnal Nature, apabila kita tetap saja duduk berjam-jam seperti itu, maka efeknya kita akan mulai mengalami penambahan berat badan dan kenaikan kolesterol. 

Kita akan mulai kehilangan satu persen massa tulang bila kita duduk lebih dari 6 jam sehari. Pantes aja kadang punggungku suka capek kalau kelamaan duduk, ternyata massa tulang berkurang tho. Hii..sereem kan Sobat Blogger ?

4. Setelah 10 Sampai 20 Tahun

Setelah satu sampai dua dekade, kualitas hidup kita akan semakin menurun ! Inilah akibat dari risiko mengalami penyakit jantung yang meningkat sebesar 64 persen. 

Selain risiko terkena penyakit jantung, duduk berjam-jam seperti itu juga dapat menyebabkan risiko kanker prostat atau kanker payudara meningkat sebanyak 30 persen.

Tapi, jangan khawatir Sobat Blogger. Kita juga bisa melawan efek mematikan ini dengan beberapa hal-hal sederhana, seperti yang dikutip oleh Lifehackeryakni:

Ingatlah Selalu untuk berdiri  setiap  satu jam

Ber-online ria bukan berarti kita melupakan kehidupan di dunia nyata, dan duduk seharian di depan layar komputer. Istirahat pendek, menurut sebuah studi mampu mengurangi semua masalah di atas. 

Ciptakan aktivitas yang memaksa kita untuk bergerak dari tempat online tadi. Letakkan makanan atau minuman jauh dari tempat online, sehingga kita bisa berjalan untuk mengambilnya ketika lapar. Atau bila perlu setting alarm di HP untuk mengingatkan.

Bergeraklah  minimal  30 menit tiap hari

Berdiam diri saja dengan duduk di depan komputer setiap hari tidak baik bagi kesehatan. Setidaknya buat tubuh Sobat Blogger bergerak selama 30 menit dalam sehari, entah itu menyapu lantai ataupun membersihkan rumah. Saya saja menyapu lantai bisa berkeringat kok.

Nah Sobat Blogger, setelah mengetahui risiko apabila kita duduk terlalu lama ini, apa yang akan Sobat Blogger lakukan ? 

Akankah Sobat Blogger tetap online sepanjang hari tanpa melakukan aktivitas lain ? saran saya jangan deh. 

Rubah gaya hidup Sobat Blogger itu, dengan gaya hidup yang lebih sehat. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan.

Simak juga artikel saya yang lain tentang cara tetap sehat meskipun duduk seharian. Jangan cuma dibaca dan disimak saja, tapi dipraktekkan juga yaa.


Selamat hidup sehat!

2 comments:

  1. wahhh...inpo kesehatan yang oke sekali... emang merugikan ya bang kalo duduk terlalu lama... makanya kita harus aktif bergerak..
    sip dan salam semangat bang

    ReplyDelete
  2. uuups,,,
    ngeri juga ya sob?
    padahal saya kerja seharian duduk didepan PC,
    mudah2an dech nggak terjadi yg tak diinginkan,,,,

    biasanya setelah 1 jam duduk saya refreshing jalan2 ke user sekitar 15 menit ditambah nggak boleh telat minum air bening ,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang