7 Cara Agar Tetap Sehat Meski Duduk Seharian

4 comments
Bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan kantor, yang menghabiskan waktu hampir 8 jam di kantor untuk duduk bekerja di kantor atau bagi Anda pengusaha yang bergerak di bisnis online yang setiap hari memandangi komputer sambil duduk, Anda wajib membaca artikel ini sampai habis. 

Artikel ini membahas tentang 7 Cara Agar Tetap Sehat Meski Duduk Seharian, yang akan membantu Anda tetap sehat meski tuntutan pekerjaan mengharuskan Anda duduk seharian, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika harus duduk terus menerus seharian.

Mengapa ini penting? karena sehat itu mahal harganya, dan ketika Anda sudah merasakan sakit, Anda akan mengetahui betapa berharganya nikmat sehat itu.

Bekerja Sambil Duduk Dengan Fitness Ball
Image credit : dailllifitnesswellbeing.blogspot.com
Pernah dengar istilah "Sitting Is New Smoking". Ya, fenomena ini memang mengejutkan. Dalam bahasa Indonesia kurang lebih "Aktivitas Duduk adalah Merokok Gaya Baru". Ini artinya resiko dari terlalu lama duduk itu dapat dikatakan sama dengan resiko merokok. 

Dr. Shilpa Dogra, asisten professor kinesiology di University of Ontario Institute of Technology di Ontario, Kanada menyatakan, duduk selama 8 jam dapat meningkatkan resiko terserang penyakit darah tinggi, serangan jantung, diabetes, sakit pada punggung, bahu dan leher. Anda dapat membaca artikel tentang bahaya duduk terlalu lama ini pada artikel saya yang lain yaitu Duduk Terlalu Lama Itu Membunuhmu !

Untuk mengurangi resiko dari aktivitas duduk tersebut, berbagai variasi kegiatan, asupan makanan serta pemanfaatan waktu istirahat yang baik, mutlak harus anda lakukan secara rutin.

Tapi jika harus menjaga kesehatan dengan cara mahal dan rumit, tentu sangat merepotkan bukan ?

Oleh karena itu, inilah 7 cara mudah yang bisa anda praktekkan langsung saat ini juga untuk tetap sehat, setelah duduk seharian :

1. Istirahat Beberapa Saat

Berjam-jam bekerja sambil duduk dapat melukai kesehatan tubuh anda. Berdasarkan hasil penelitian Profesor Alejandro Lleras dari University of illionis Psycollogy, bahwa melakukan tugas yang sama untuk waktu yang lama akan membuat anda kehilangan fokus kerja dan penurunan stamina tubuh, tak terkecuali aktivitas duduk secara terus-menerus juga ikut berpengaruh.

Oleh karena itu, beristirahatlah beberapa saat tanpa melakukan kegiatan apapun. Ini akan membantu mengembalikan energi dan konsentrasi Anda agar siap kembali bekerja.

2. Lakukan Perenggangan (Stretching)

Berdasarkan informasi dari MayoClinic.com, aktivitas perenggangan mampu meningkatkan fleksibilitas otot serta persendian di tubuh. Fleksibilitas tubuh yang meningkat juga membantu meningkatkan performa anda dalam menjalani berbagai aktivitas fisik.

3.Jangan Pakai Elevator! Gunakan Tangga saja..

Saat anda hendak menuju lantai dua, tiga atau empat, elevator merupakan pilihan paling praktis untuk sampai dengan cepat tanpa harus lelah memanjat. Tapi mulai sekarang, cobalah untuk menggunakan tangga saja. Dengan demikian, Anda akan banyak berjalan di sela aktivitas Anda. Ini karena menurut Locke C Tudor dan Dr Basette Jr, di Sport Medicine (Auckland,NZ), berjalan 10.000 langkah/hari dapat menjaga kesehatan tubuh manusia dewasa.

4. Manfaatkan Makan Siang Anda Sebaik Mungkin

Makan siang adalah momen yang sangat ditunggu oleh setiap orang. Oleh karena itu, nikmatilah makan siang Anda khusus untuk lepas sepenuhnya dari aktivitas kerja dan beristirahat menikmati hidangan Anda.

Makan siang di meja kerja sambil mengerjakan tugas memang menjaga produktivitas Anda, tapi hal ini membuat upaya pengisian energi di tubuh Anda menjadi tidak maksimal. Jadi, seimbangkanlah waktu bekerja untuk bekerja dan waktu istirahat untuk istirahat sepenuhnya.

5. Berjalan Sambil Berbicara

Anda mungkin akan terlihat aneh bila berjalan-jalan terus di ruangan kantor untuk merenggangkan otot-otot setelah duduk. Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan saat telepon Anda berdering atau saat Anda diharuskan menelepon orang lain di jam kerja untuk berjalan-jalan mengelilingi ruangan. Dengan demikian, Anda akan nyaman untuk berkeliling di dalam ruangan.

6. Duduk Diatas Bola Fitness Sambil Bekerja

Mengganti kursi tempat Anda duduk dengan Fitness Ball bisa menambah kualitas kesehatan Anda meski harus duduk seharian. Menurut hasil penelitian Beers, Roemmich, Epstein dan Horvarth yang diterbitkan US National Library of Medicine National Institute of Health, duduk diatas Fitness Ball dapat meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh saat bekerja di kantor. Lemak yang menumpuk dapat menyebabkan kegemukan dan berpotensi menggangu kesehatan tubuh karena kurangnya tubuh Anda bergerak saat duduk di kursi biasa.

7. Beristirahat Setiap 30 Menit

Melakukan istirahat ringan setiap 30 menit ketika Anda bekerja dapat menjadi cara termudah untuk menjaga kesehatan. Hal ini memberi waktu kepada tubuh Anda untuk mengisi ulang energi tubuh. Istirahat bisa dilakukan dengan berdiri setiap 30 menit selama 5-10 menit.

Itulah ketujuh tips mudah untuk tetap sehat meski duduk lama yang bisa Anda lakukan saat ini juga untuk menjaga agar tubuh anda tetap sehat meski duduk seharian. Anda punya tips lainnya yang juga bermanfaat ? Jangan sungkan-sungkan.. silahkan tulis pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

Saya tunggu tips-tips bermanfaat lainnya dari Anda. 

Selamat bekerja !

4 comments:

  1. wah ini saya banget mas, saya kerja di belang meja satu harian bisa di praktekin nih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pas banget kalau gitu pas, semoga tipsnya bermanfaat buat mas agar bisa menjadi lebih sehat :)

      Delete
  2. Tips yang sangat bermanfaat.... nice blog, nice info semoga sukses gan... memang pekerjaan di belakang meja seharian bisa bikin cepat lelah, dengan tips diatas mudah mudahan bisa untuk mensiasatinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan.. Aamiin, sukses juga buat agan
      semoga tipsnya membantu gan

      Delete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang