Jenis-Jenis Blog yang Wajib Anda Ketahui !

26 comments
Tahukah Anda bahwa blog atau website itu banyak sekali jenis-jenisnya. Secara garis besar, blog bisa dikelompokkan menjadi 2 kategori yakni berdasarkan Platform (tempat blog dijalankan) dan Content (isi Blog).

Oh iya, sebelumnya saya juga sudah pernah menulis tentang apa saja penyebab kegagalan ngeblog. Mungkin Anda bisa membacanya jika tertarik ^__^

Baiklah, ini dia Jenis-Jenis Blog yang Wajib Anda Ketahui versi Albab Alpachino ..

Jenis-jenis Blog

Jenis Blog Berdasarkan Platform

Jenis-jenis blog berdasarkan platform atau tempat blog dijalankan dapat dibagi menjadi 5 jenis. Apa saja ? ini dia !

1. Blog Gratis (Free Blog)

Blog gratis adalah jenis blog yang paling populer sampai saat ini. Blog jenis ini adalah blog yang dibuat dengan menggunakan pihak ketiga sebagai penyedia blog.

Ciri utama blog gratis adalah ada embel-embel penyedia layanan blog gratis seperti blogger/blogspot, wordpress, thumblr, dan sebagainya di belakang nama domainnya.

Contohnya adalah albabalpachino.blogspot.com (nama domain blog ini sebelum jadi dot com). Domain seperti itu - yang ada embel-embel di belakangnya - disebut juga Second Level Domain (SLD).

2. Self-Hosting Blog

Sesuai namanya yang berarti Self (sendiri) dan Hosting (ruang tempat data blog disimpan), Self-hosting blog adalah jenis blog mandiri.

Blog ini sudah tidak terikat dengan pihak penyedia layanan blog gratis. Mereka memiliki nama domain (nama blog) sendiri seperti poconggg.com atau albabalpachino.com ini. Domain dengan nama sendiri ini disebut juga Top Level Domain (TLD).

Mereka juga menyewa space (ruang) sendiri untuk blog mereka agar bisa diakses yang disebut dengan hosting. Kalau blog gratis, ruang itu sudah disediakan oleh penyedia blog gratisnya sehingga Anda tidak perlu repot-repot menyewa jasa hosting lagi.

Harga sewa domain dan hosting juga cukup beragam tergantung penyedianya. Berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah perbulannya.

Meskipun begitu, blog jenis ini masih menggunakan Content Management System (CMS) gratis seperti Wordpress, Joomla ataupun Drupal.

3. Micro Blog

Micro Blog adalah aktivitas ngeblog yang dilakukan dengan jumlah teks atau tulisan yang terbatas, dibawah 200 karakter. Lebih dikenal dengan sebutan microblogging.

Situs-situs microblogging ini antara lain Twitter, LinkedIn, Facebook ataupun MySpace. Pada situs-situs tersebut jumlah teksnya selalu dibatasi bukan ?

Namun khusus pengguna Facebook memungkinkan untuk menulis status lebih dari 200 karakter ditambah dengan fasilitas Facebook note yang fungsinya kurang lebih sama dengan blog.

4. Blog Perusahaan (Corporate Blog)

Blog Perusahaan atau Corporate Blog adalah jenis blog yang terintegrasi dalam website suatu perusahaan ataupun lembaga. Mudahnya, blog perusahaan adalah jenis blog di dalam website.

Website perusahaan biasanya menampilkan profil perusahaan, produk/jasa yang ditawarkan, alamat dan kontak yang bisa dihubungi serta informasi penting terkait perusahaan.

Namun biasanya dalam website tersebut disediakan URL khusus untuk blog perusahaan. Isinya bermacam-macam, mulai dari berita-berita terbaru seputar perusahaan (tambah cabang baru, direktur baru, dll) ataupun sekedar balasan atas keluhan customer.

5. Citizen Journalism Blog

Alasan mengapa dinamakan Citizen Journalism Blog (Blog Jurnalisme Warga) adalah karena blog ini merupakan blog gratis yang disediakan oleh media online komersial.

Contoh populer dari blog jenis ini adalah Kompasiana milik Kompas dan Blogdetik milik detik.com.

Semua tulisan dalam blog jenis ini dibuat oleh warga biasa. Tidak ditulis oleh wartawan professional yang bekerja pada media online tersebut.

Jenis Blog Berdasarkan Konten

Jenis-jenis blog berdasarkan konten atau isinya dapat dibagi menjadi 2 jenis. Mari kita lihat..

1. Niche Blog

Niche Blog adalah blog dengan tema yang spesifik dan biasanya berisi satu atau beberapa topik tertentu saja.

Contohnya adalah blog tutorial, blog kesehatan, blog pendidikan, blog download, blog gadget, blog bisnis, dan blog dengan tema khusus lainnya.

Blog niche ini biasanya dibuat dengan tujuan mengoptimalkan pendapatan dari iklan (adsense, infolinks, dll) karena iklan yang ditampilkan biasanya relevan dengan konten. Semakin relevan, nilai per-kliknya makin besar.

2. General Blog

General Blog atau bahasa kerennya Blog Gado-Gado adalah blog yang berisi berbagai macam bahasan di dalamnya. Dalam blog gado-gado tidak ada topik/bahasan khusus yang diangkat. Seperti blog ini contohnya ^__^

Dalam blog ini banyak dibahas berbagai macam hal mulai dari tips sukses, fakta unik Indonesia, dan hal-hal absurd lainnya, haha.
Dan sepertinya Google kurang begitu suka dengan blog jenis ini, karena lamaran adsense (layanan iklan dari google) dari blog ini selalu ditolak dan belum diterima sampai sekarang. Puk puk yaa..

Blog juga dibagi lagi menjadi 4 jenis berdasarkan FORMAT kontennya, antara lain :

1. Phlog atau Photoblog, adalah blog dengan foto sebagai konten utamanya.
2. Vlog atau Video Blog, adalah blog yang mayoritas kontennya berupa video.
3. AudioBlog adalah blog yang konten utamanya berupa file musik yang biasanya dapat di download dengan bebas.
4. Spam Blog (Spol) atau Blog Penggangu. Blog jenis ini adalah musuh alami dari para blogger. Ciri blog ini adalah pemiliknya sering "Blogwalking" dan berkomentar dengan meninggalkan link hidup atau link aktif.

Sebenarnya masih banyak tipe-tipe blog lain yang masih belum disebutkan disini. Tidak ada sumber pasti yang menyebutkan secara resmi apa saja macam-macam blog. Setiap orang punya versinya sendiri-sendiri. Dan inilah jenis-jenis blog versi saya ^__^

Wordpress pun juga punya versinya sendiri tentang jenis-jenis blog bagi para penggunanya. (Types of Blogs)

Jadi, termasuk jenis apakah blog Anda? Jangan sungkan-sungkan, tulis di kotak komentar yaa... 

26 comments:

  1. wahh nice posting gan... jadi tahu saya jenis2 blog...kalo menurut agan bloh saya ini masuk jenis yg mana yah...?? silajkan lihat di http://anakgilaonline.blohdpot.com/

    ReplyDelete
  2. NIce Idea gan, Keep Blogging and terus share inpo2 terbaru and jangan Copas...hehehe God Bless U

    ReplyDelete
  3. tak tambahin mas
    hehehe
    http://dinisked.blogspot.com/2011/04/jenis-jenis-blogger.html

    ReplyDelete
  4. kalo blog ana kira2 yang mana ya Albab?

    ReplyDelete
  5. info anda bagus dan bermanfaat yg awam tntng blog jadi paham..terima kasih

    ReplyDelete
  6. referensi yang bagus masbro, bisa untuk jadi referensi ni

    ReplyDelete
  7. ini info keren bangrt ... lanjutkan gan :)

    ReplyDelete
  8. tfs ya gan...
    udah lama ngeblog, tapi baru nemuin penjelasan yang beginian...

    salam damai kami sepanjang hari ...

    ReplyDelete
  9. Je me demandais ce que logiciels dont vous auriez besoin pour faire des cartes d'affaires ou des étiquettes à partir d'un ordinateur à la maison. Est facile ou vaut même pas le temps ou l'argent ..

    ReplyDelete
  10. Jenis blog versi saya ada 21 kategori nihh

    ReplyDelete
  11. ternyata blog juga banyak jenisnya ya sob, baru tau saya hee..

    ReplyDelete
  12. nice info mas, bagi newbie seperti saya asal ngeblog aja ngak tau detail2nya... :)

    ReplyDelete
  13. waah,infonya bermanfaat sekali,terimakasih sudah share :)

    ReplyDelete
  14. Thank's banget nih infonya, gue mau nanya Self-Hosting Blog itu bayarnya ke siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke penyedia hosting mbak, seperti idwebhost.com, godaddy dll
      mereka jual 2 produk berbeda, 1 DOMAIN 1 lagi HOSTING.

      kalau beli domain aja cuma dapet NAMA doang, kaya nillapasha.com
      HOSTINGnya beli lagi, HOSTING itu modelnya kaya harddisk di udara buat nyimpen file-file blognya mbak

      cari deh di google lebih lengkapnya :)

      Delete
  15. mantepz infonya... sya juga lagi belajar nih apa itu blog

    ReplyDelete
  16. Thanks banget untuk beritanya...semoga makin sukses

    ReplyDelete
  17. Saya jadi lebih paham mengenai blog, hasilnya lebih hati-hati dan fokus untuk melayani dan memberikan yang terbaik bagi audien. Makasih sobat, semoga kamu semakin sukses.

    ReplyDelete
  18. Saya sendiri sedang membangun beberapa blog niche, mulai dari niche kesehatan, blogging, digital marketing gan. Berikut salah satu blog kecil saya www.pemasaranjaringan.com dengan niche Network Marketing. Terimakasih banyak atas infonya gan cukup membuka wawasan tentang jenis blog, salam kenal by Mitra Google Indonesia

    ReplyDelete
  19. Hmmm,,, ternyata banyak sekali jenis blog yah, kalau untuk program ads paling baik jenis blog apa bro,,,?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang