5 Faktor Penyebab Kegagalan Ngeblog

25 comments

5 Faktor Penyebab Kegagalan Ngeblog


Selama menjadi blogger, mungkin sobat blogger pernah mengalami yang namanya stress ketika melakukan aktivitas blogging. Hal ini wajar sekali terjadi, apalagi sebagai blogger pemula, yang baru belajar dan memulai hobi baru dalam dunia blogging. Stress ini mungkin hampir semua blogger pernah mengalaminya. Rata-rata penyebab stress ini adalah minimnya trafik pada blog. Nah, Semua hal diatas itu akan terjadi apabila sobat Blogger melakukan 5 Faktor Penyebab Kegagalan Ngeblog. Apa sajakah itu ? ini dia ..

1.Tidak Konsisten

Inilah penyebab pertama seorang Bloggers gagal dalam blogging. Blogger-blogger baru biasanya hanya on fire di awal. Mereka membuat jadwal kapan harus membuat sebuah postingan, kapan harus memberikan komentar, membangun backlink, submit ke social bookmark, mempromosikan blog, blogwalking dan lain sebagainya. 

Namun, sayangnya mereka hanya sanggup bertahan untuk beberapa hari saja. Setelah seminggu atau lebih mereka mulai merasakan kebosanan yang tak terelakkan dan alhasil, otomatis mereka tidak lagi mengikuti jadwal sebagaimana yang telah mereka susun sebelumnya.

Maka dari itu jika sobat ingin sukses sebagai seorang blogger, kunci sukses sobat yang pertama adalah sebuah konsistensi.

2.Terlalu Banyak Ide

Sebagai seorang blogger, ide adalah modal awal yang sangat penting. Tanpa ide seorang blogger tidak akan bisa membuat sebuah postingan. Tetapi lain halnya, ketika seorang blogger memiliki ide yang terlalu banyak. Pernahkah sobat blogger mengalami hal seperti ini ? terlalu banyak ide akan membuat kita binggung dalam membuat sebuah postingan. 

Saya sendiri pernah mengalami hal seperti ini, memiliki banyak ide bagus di kepala yang siap dijadikan sebuah postingan. Namun sayang, saking banyaknya ide, bukannya banyak postingan yang tercipta, justru binggunglah yang saya dapatkan. Binggung mau menulis ide yang mana dulu, sehingga postingan tidak tercipta sama sekali.

Seperti kata pepatah, hidup ini penuh dengan pengorbanan, jadi pasti harus ada yang dikorbankan. Saran saya, lebih baik catat saja semua ide yang terlintas di kepala sobat blogger, lalu mulai pilih mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

3.Belajar Tanpa Praktek

Belajar merupakan hal yang bermanfaat, tetapi belajar tanpa praktek sama dengan nol besar. Nah, kebanyakan blogger baru yang gagal sering melakukan hal ini. Mereka browsing sana-sini, membaca berbagai macam cara meningkatkan traffic blog mereka, mereka mendownload e-book dan juga melakukan aktivitas belajar lainnya. Nah, ketika mereka terlalu sering belajar, lantas kapan mempraktekkannya ? Apakah dengan belajar saja traffic blog akan datang dengan sendirinya ? atau backlink bisa otomatis ada di blog ? tentu tidak bukan.

4.Seringnya Mengutak-atik Blog

Kadang kala, seorang blogger menemukan sebuah blog tutorial yang menyajikan berbagai tips-tips menarik seputar dunia blogger, khususnya dalam mengedit blog agar terlihat lebih cantik. Nah, ketika mereka asyik mengedit ataupun mengutak-atik blog, itu akan membuat waktu yang seharusnya dimanfaatkan untuk melakukan optimasi blog agar trafik meningkat menjadi terbuang sia-sia. Justru hasilnya akan diam di tempat, tidak ada perubahan trafik blog. Memang mengutak-atik blog tidak ada salahnya untuk dilakukan, tetapi alangkah lebih baik apabila bisa membagi waktu, mana waktu untuk mengedit blog dan mana waktu untuk melakukan optimasi trafik blog.

Jangan terlalu sering mengutak-atik blog, agar tidak gagal dalam blogging dan kehilangan waktu yang berharga untuk menigkatkan trafik.

5.Tidak Sabaran

Terkadang seorang bloggers ingin mendapatkan segala sesuatunya serba cepat. Trafik ataupun uang dari internet misalnya. Ketika mereka mendapati bahwa blognya tidak mendatangkan trafik yang cukup banyak, mereka akan merasa kecewa. Padahal yang perlu dilakukannya adalah tetap sabar dan konsisten dalam mengelola blog, pasti trafik akan datang dengan sendirinya. Sama halnya dengan uang dari internet, banyak blogger yang tidak sabar  ingin mendapatkan uang dari internet. Tentu saja mendapatkannya tidak mudah, butuh kesabaran dan juga kerja keras.

Karena ketidaksabaran itulah, seringkali seorang blogger merasa frustasi terhadap blognya. “kenapa ya ini blog ga rame-rame” atau “ini kapan sih dapet uangnya” mungkin seperti itulah kata-kata yang ada dalam benak mereka. Akibatnya, karena frustasi akhirnya mereka memutuskan untuk berhenti Ngeblog.

Ok, itulah tadi 5 Faktor Penyebab Kegagalan Ngeblog. Semua yang saya tulis ini merupakan pendapat dari pengalaman yang pernah saya alami sebelumnya. Jadi, jika mungkin ada sobat blogger yang punya pendapat lain, bisa menuliskannya di kotak komentar dibawah. Terakhir, semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat bagi sobat blogger sekalian. Happy Blogging..

25 comments:

  1. Kunjungan tengah malam sobattt
    Saya suka otak- atik blog sampek beberapa kali ganti template, akhirnya waktu buat silaturahmi ke blog temen- temen jadi terbuang :(

    ReplyDelete
  2. justru saya malah kekurangan ide untuk posting lagi .. hehe

    ReplyDelete
  3. betul tuh...itu yg saya alami selama dua tahun ini...gonta ganti templates blog yang katanya seo friendly lah,,,tapi nyatanya theme yg saya punya jadi hancur....

    ReplyDelete
  4. saya setuju sekali sobat, bahkan yang nomer 2 tuh yg sering saya alamin sobat, terlalu banyak ide, pas buka akun blogger semuany langsung hilang gak tahu mesti nulis apa sob...

    ReplyDelete
  5. “kenapa ya ini blog ga rame-rame” atau “ini kapan sih dapet uangnya” <--- hahaha nyentil banget

    ReplyDelete
  6. sy justru malah kekurangan ide, atau tdk jrg juga merasa bosan..tp ttp brsha agar trus berkarya..:)

    ReplyDelete
  7. Kegagalan yang paling keliatan adalah tidak konsisten dan selalu ikut2an.

    ReplyDelete
  8. Siasat agar blog selalu update

    http://mboir.blogspot.com/2011/04/cara-agar-blog-anda-selalu-update.html

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum, sobat blog sobat bagus dengan template baru yang sangat pas dan tidak terlalu banyak varian warna sehingga nampak elegan, tapi shoutbox yang agan buat selalu keluar tanpa di klik jika dilihat dari ponsel sehingga menutup i postingan (di hompage saja) sobat, mohon ini diperhatikan sehingga menambah kenyamanan pembaca, terimakasih sob, salam persahabatan dari saya, hehe

    ReplyDelete
  10. semoga kita yg ngelog disini selalu semangat ya bang :)
    sip banget post abag

    ReplyDelete
  11. @all : maaf nih baru bales, tugas sekolah banyak bener, hehe
    @rizki_ris : nah itu sobat, jangan keseringan otak-atik template, waktu untuk buat posting baru sama blogwalking ntar jadi kepotong ^^
    @momod : terlalu banyak ide sama kekurangan ide kayanya sama-sama bikin frustasi deh, hehe

    ReplyDelete
  12. @pemula : sama sobat, saya juga pernah ganti theme terus blog jadi hancur, tapi ga papa, buat dijadikan pengalaman, ok ?
    @Asis Sugianto : hehe, sama sobat, saya juga terkadang mengalami hal yang sama ..
    @boaboo : haha, buat perumpamaan aja itu ^^

    ReplyDelete
  13. @Kubu Pantun : sama sobat, saya terkadang juga kekurangan ide dan bosan, solusinya blogwalking sambil cari-cari topik baru, terus copy paste, tapi di edit dulu sebelum di publish, hehe
    @Classhoster : lebih baik percaya pada diri sendiri dan ngga usah ikut-ikutan, juga selalu konsisten !
    @Cendekiawan IT : Promosi terselubung nih mas ? ahahaha

    ReplyDelete
  14. @Royn : Wa'alaikum salam, iya sobat saya buka di ponsel temen saya keluar di tengah, tapi waktu saya buka di android saya ngga keluar tuh, mau sih dibetulin, tapi ngga tau caranya, hehe
    salam persahabatan juga sobat !
    @Kang Farhan : Amiiin bang.., makasih :D
    @Faizal Indra kusuma : makasi gan kunjungannya ..

    ReplyDelete
  15. saya juga terlalu bnyak ide bang hahaha

    ReplyDelete
  16. mampir lagi nih sobat untuk baca-baca artikel sobat...

    ReplyDelete
  17. Terima kasih sahabat telah berbagi ilmunya.
    Ilmu yang bermanfaat bagi saya yang baru belajar sahabat.
    Ijin follow 45 untuk bisa belajar lebih banyak lagi

    ReplyDelete
  18. @imanarsyad : tapi ngga berhenti nge-blog kan ? hehe
    @Asis Sugianto : wah, ada bang bang ashto nih ..
    @Blog Keperawatan : silahkan di follow sahabat, jangan sungkan-sungkan..

    ReplyDelete
  19. Sangat tertarik dengan poin 'terlalu banyak ide'. Wah harusnya malah bersyukur mas hehe :D

    Untuk menyiasatinya sebenarnya mudah, yaitu dengan membuat folder2 ide. Setiap folder berisi ide dengan topik yang sama. Misal, topik blogging, info terkini, sehari-hari, gadget dsb.

    Sudah itu, eksekusi masing2 ide dengan membuat outline (sketsa kasar) artikelnya. Nah, lalu tinggal masalah timing publikasi. Tetapkan saja jadwalnya. Misal, hari Senin posting ttg blogging, Selasa ttg gadget, Rabu ttg info terkini, dan seterusnya.

    Yah, sekedar saran sih. Yang penting, keep blogging, betul? :)

    ReplyDelete
  20. Tetap smangat ya, jangan menyerah bloggingnya.

    ReplyDelete
  21. saya sependapat dengan penulis terutama pada point ke 2 dan ke 5.. terkadang saya sering mengutak - atik tampilan blog tanpa memperhatikan SEO

    ReplyDelete
  22. nice mas. sya pribadi sih dulu lbh karena bosan.bener yg mas bilang,pertama2 onfire, tb2 down. tapi puji sykur skrg saya ud konsisten, traffic pun terus mengalir.salam blogger :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang