Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur

Film mempunyai jalan cerita yang telah disusun sedemikian rupa sehingga makna yang ada di film tersampaikan kepada para penontonnya. Dengan durasi hanya sekitar 2 jam, banyak hal yang dapat berubah. Ada yang memberi inspirasi hidup, namun ada juga yang memberi contoh jelek bagi semua orang.

Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan rekomendasi tentang film-film yang bagus dan sarat makna, yang ada hubungannya dengan dunia entrepeneur. Sebelumnya, saya juga sudah menulis tentang 7 Kiat Menjadi Orang Sukses yang mungkin masih ada hubungannya dengan topik kali ini.

7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur
Beberapa dari Anda mungkin sudah ada yang pernah menontonnya, dan mungkin ada juga yang belum mendengar judul film tersebut. Inilah, 7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur

1. The Godfather (1972)

The Godfather | 7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur
Film ini diangkat dari sebuah novel dengan judul sama, yaitu The Godfather. Film yang disutradarai oleh Francis Cord Coppola ini bercerita tentang sebuah keluarga pebisnis kecil yang berkembang menjadi organisasi kriminal terbesar di New York.

‘The Godfather’ dan anaknya Michael Corleone adalah otak dari keluarga ini. Film ini mengajarkan kepada Anda sebuah sudut pandang terhadap apa yang membuat mereka menjadi keluarga pebisnis dengan pengaruh paling besar di seluruh negara.

Meskipun Institut Film Amerika menilai film ini sebagai film Amerika terburuk sepanjang sejarah, tapi IMDb memberi rating 9,2 untuk film ini  yang merupakan rating film yang sangat tinggi.

2. Slumdog Millionaire (2006)

Slumdog Millionaire | 7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur
Anda tentu tidak asing lagi dengan karakter Jamal Malik dan Latika?

Film ini mengisahkan seorang anak jalanan kumuh dari India yang mendadak kaya setelah memenangkan kuis Who Wants to Be a Millionaire versi negaranya. Banyak pengalaman pahit dan licik yang dialaminya semasa kecil, yang mengubah pandangannya terhadap dunia. Kesetiaannya pada Latika dan bagaimana dia memaafkan kakaknya adalah salah satu dari banyak hal yang patut diacungi jempol dari seorang Jamal Malik.

Karya dari sutradara Danny Boyle ini telah berhasil memborong empat Golden Globe Awards dan delapan piala Oscar dan berhasil meraup omset $61.605.255.

3. The Pursuit of Happyness (2006)

The Pursuit Of Happyness | 7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur
Film-film yang dibintangi oleh Will Smith hampir tidak pernah mengecewakan. Dalam film ini, Will Smith memerankan kisah seorang Chris Gardner, seorang salesman yang berhasil menjadi pialang saham sukses.

Pada saat itu, Chris Gardner mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Dia bercerai dengan istrinya, kehabisan tabungan, kehilangan tempat tinggal. Chris berusaha keras untuk memperoleh uang dengan cara menjual sebuah alat kedokteran yang terlanjur ia beli dengan jumlah banyak dengan menghabiskan simpanannya. Beruntung, Chris selalu ditemani oleh anaknya, Christopher Gardner Jr., pada masa-masa tersebut.

Di dalam film ini, Will Smith ‘berduet’ dengan Jaden Smith yang merupakan putranya sendiri. Film ini mengajarkan tentang hidup yang penuh perjuangan dan pengorbanan. Perjuangan dan pengorbanan untuk keluar dari masa sulit dan mendapatkan kebahagiaan.

4. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption | 7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur
Film yang dibuat pada 1994 ini adalah salah satu film terbaik sepanjang sejarah. Diadaptasi dari sebuah cerita pendek karya pengarang terkenal Stephen King, kisahnya yang berlatar pada tahun 1947 di Maine, Amerika Serikat ini dimulai dengan seorang bankir muda yang kariernya sedang menanjak, Andy Dufresne dijatuhi hukuman penjara seumur hidup lantaran bukti-bukti yang ada menunjukkannya adalah pembunuh istrinya dan juga pria selingkuhan istrinya itu, padahal sebenarnya ia bukan pelakunya.

Film ini mengisahkan tentang seorang pria yang merencanakan dirinya untuk sukses di saat yang paling buruk sekalipun. Dengan menjalin relasi di dalam penjara, Andy keluar dari situasi yang tidak menyenangkan dan menerima hal-hal yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya.

5. Les Miserables (2012/1998) 

Les Miserables | 7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur
Dengan setting di Prancis abad 19, Jean Valjean adalah seorang pelarian penjara yang telah mengalami masa pahit selama 9 tahun dalam kerja paksa hanya karena mencuri sepotong roti saat ia kelaparan. Pertemuannya dengan seorang pendeta telah mengubah hidupnya. Ia kemudian menjadi walikota dan bertemu dengan Fantine, salah seorang pekerja yang telah ia pecat tanpa sepengetahuannya.

Film ini mengajarkan tentang dua hal yang paling sulit di dunia: memaafkan dan mengikhlaskan.

6. The Billionaire (2011)

The Billionaire | 7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur
Top Ittipat adalah seorang pemuda yang berhasil menjadi milyuner pada usianya yang baru 26 tahun. The Billionaire adalah kisah nyata perjuangan Top pada saat dia membangun bisnisnya dengan berjualan keripik nori. Anda mungkin pernah mencicipi produknya, Tao Kae Noi, yang telah tersebar di Indonesia dan dijual di supermarket-supermarket.

Sejak 16 tahun, Top adalah seorang pecandu game online. Ia akhirnya putus sekolah dan mulai berjualan kacang. Orang tuanya juga bangkrut dan mempunyai hutang hingga 40 juta Baht. Lebih hebatnya lagi, pada usia 19 tahun, Tao Kae Noi sudah dijual di 3000 cabang 7 Eleven, sebuah minimarket terkenal yang mendunia.

7. Pirates of Silicon Valley (1999)

Pirates Of Silicon Valley | 7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur
Film ini secara kasar mengisahkan tentang “peperangan” antara Apple dan Microsoft, yaitu lewat dua sosok orang yang berpengaruh di dunia, Steve Jobs dan Bill Gates. “Pirates of Silicon Valley” berfokus pada masa muda Jobs dan Gates ketika mereka merancang bisnis raksasa lewat garasi rumah mereka sendiri.

Film bertema dokumenter ini sangat menghibur mengenai kompetisi Apple dan Microsoft, bagaimana Bill Gates dan Steve Jobs membangun impian mereka hingga menjadi seperti sekarang. Tak dapat dipungkiri, penemuan mereka berdua telah mengubah dunia.

Itulah beberapa rekomendasi film untuk entrepreneur versi saya. Film-film tersebut tidak hanya berkualitas namun juga sarat akan makna, utamanya reaksi dan kekuatan mental sang tokoh saat menerima masalah pelik.

Sebenarnya, masih banyak film lain yang bermakna yang belum bisa saya bahas semua satu per satu. Semoga film-film di atas dapat menginspirasi dan mengubah hidup Anda !

1 comment for "7 Film yang Wajib Ditonton Entrepreneur "

  1. makasih banget ats ilmunya...

    semoga bermanfaat bagi yg lain

    ReplyDelete