Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia

7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia - Banyak orang mengidentikkan kegiatan belajar dengan sekolah. Bersekolah memang menjadi kewajiban bagi setiap anak, apalagi pemerintah juga mewajibkannya dengan menggalakkan program wajib belajar.

Dengan bersekolah, kita dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dan dapat bersosialisasi dengan teman-teman kita. Tentunya, sekolah tersebut harus memiliki  kondisi bangunan yang layak serta didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Supaya kita yang menuntut ilmu di sekolah akan merasa nyaman ketika sedang mengikuti proses belajar. Bener khan ?

Nah, dari sekian banyaknya sekolah yang ada di dunia ini, ternyata ada lho sekolah yang memiliki bangunan dengan bentuk yang tidak biasa. Bangunan sekolah ini di desain sedemikian rupa sehingga berbeda dari bangunan-bangunan sekolah pada umumnya. Ini lah 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia ..

1. Arcadia University Grey Towers Castle

Arcadia University Grey Towers Castle - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia

Arcadia University Grey Towers Castle 2 - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia
Berbeda dengan banyak desain sekolah pada umumnya, desain yang ditampilkan di sini adalah desain unik milik Grey Towers Castle of Arcadia University di Glenside, Pennsylvania. Kastil ini dibangun pada tahun 1893 sebagai harta milik William Welsh Harrison, dan kemudian diakuisisi oleh universitas pada tahun 1929.

Kastil ini dikabarkan memiliki bagian-bagian rahasia di balik perapian serta serangkaian terowongan bawah tanah yang dibangun untuk menghubungkan rumah utama dengan kandang dan bangunan lain.

Namun  karena sekarang fungsinya sebagai universitas, kastil ini berisi berbagai kantor, termasuk ruangan rektorat, serta asrama siswa.

2. Mode Gakuen Spiral Towers, Jepang

Mode Gakuen Spiral Towers, Jepang - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia
Gakuen Spiral Towers adalah gedung kampus yang berada di kota Nagoya, Jepang dengan bentuk spiral dan dibuat oleh Nikken Sekkei. Gedung yang terdiri dari 36 lantai dengan tinggi sekitar 170 m ini merupakan kampus untuk 3 jurusan disana yaitu fashion design, komputer serta kedokteran.

Teknologi ramah lingkungan yang diterapkan pada gedung ini adalah pada penggunaan kaca jendela sistem Double-Glazed Air Flow yang bertujuan untuk menyerap panas yang masuk ke dalam gedung serta penggunaan ventilasi udara secara alami. Teknologi ini digunakan untuk mengurangi pemakaian AC di dalam ruangan.

3. Orestad High School, Copenhagen

Orestad High School, Copenhagen - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia

Orestad High School, Copenhagen 2 - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia

Orestad High School, Copenhagen 3 - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia
Orestad College, di Denmark, menjadi satu-satunya bangunan sekolah termewah dengan berbagai fasilitas kelas satu. Sekolah ini dirancang senyaman mungkin untuk para siswa sehingga mereka bisa menghasilkan prestasi maksimal.

Kalangan akademisi Denmark percaya bahwa sinar matahari dapat membangkitkan semangat belajar para siswa. Karenanya, bangunan sekolah dirancang sedemikian rupa untuk memaksimalkan masuknya sinar matahari sebagai sumber penerangan. Biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya tidak tanggung-tanggung loh, biayanya mencapai angka $325. Kalo di rupiahin kira-kira 3,5 juta perbulannya.

4. Nanyang University, Singapore

Nanyang University, Singapore - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia

Nanyang University, Singapore 2 - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia
Salah satu bangunan yang memiliki atap hijau paling menakjubkan di dunia berada di Sekolah Seni, Desain, dan Media di Nanyang Technological University di Singapura. Dinding kaca yang ada pada bangunan memungkinkan banyak cahaya alami untuk menerangi interior.

Sedangkan atap berumput digunakan sebagai ruang pertemuan bagi siswa. Atap hijau berumput ini juga melindungi bangunan, mendinginkan udara sekitar, dan menadah air hujan untuk irigasi tumbuhan di sekitarnya. Satu kata untuk bangunan ini, Keren !

5. Modern High School, Central LA

Modern High School, Central LA - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia

Modern High School, Central LA 2 - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia
Walaupun lebih mirip sebuah bangunan dengan desain museum seni, hasil karya dari Coop Himmelb(l)au di Central Los Angeles ini sebenarnya adalah sebuah sekolah menengah umum lho. Sekolah ini diperuntukkan untuk mereka yang ingin belajar seni visual dan seni pertunjukan. Desainnya futuristik banget yah, kapan ya di Indonesia ada universitas kaya gini ..

6. TK Wolfartsweier, Jerman

TK Wolfartsweier, Jerman - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia
Anak-anak yang pergi ke TK Wolfartsweier di Karlsruhe, Jerman, pasti akan sangat bersemangat menuju sekolah mereka. Diciptakan oleh seniman Tomi Ungerer dan d’Ayla-Suzan Yöndel, TK unik ini dirancang agar anak-anak seolah-olah tertelan oleh kucing saat memasuki sekolah mereka.

‘Perut’ bangunan ini berfungsi sebagai ruang kelas, ruang makan dan dapur. Sedangkan kedua cakar sebagai area bermain. Mata adalah jendela ruang utama, yang terletak di lantai dua, sedangkan rumput di atas atap disamakan dengan bulu kucing.

Dengan menggunakan anatomi kucing sebagai cetak biru, bangunan ini mampu membuat penggunaan ruang secara penuh, memberikan anak-anak pengalaman yang menyenangkan di sekolah.

7. Oppenheim’s Miami-Dade College Campus

Oppenheim’s Miami-Dade College Campus - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia

Oppenheim’s Miami-Dade College Campus 2 - 7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia
Konsep dari Miami-Dade College yang terletak di Biscayne Boulevard di pusat kota Miami ini akan menambah banyak reflektif kilauan sinar ke cakrawala kota. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Oppenheim dengan memadukan kaca berkilauan, menara baja yang memiliki bentuk tidak biasa dan koridor berumput interior. Bangunan ini diproyeksikan akan selesai pada tahun 2012.

Setelah melihat keunikan gedung sekolah diatas, tertarik untuk belajar disana gak nih? Kalau misalnya semua bangunan sekolah ataupun kampus memiliki gedung yang mewah dan unik seperti gedung di atas tadi, pasti bakal sangat menyenangkan ya. Bahkan mungkin enggak akan ada pelajar yang mempunyai niat untuk bolos dari sekolah, hehe

8 comments for "7 Gedung Sekolah Berbentuk Unik di Dunia"

  1. Aneh banget sih, sekilas saya ga percaya kalau itu memang benar ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia jaman sekaarang canggih-cangih mas, desain sama pemikirannya udah beda jauh sama jaman dulu, keren-keren ya desainnya :)

      Delete
  2. wow... keren... orang-orang jaman sekarang memang sangat kreatif !

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..dan semoga desain unik dan keren ini bisa juga diterapkan di sekolah yang ada di Indonesia

      Delete
  3. wah gedung nya bagus-bagus ya mas dan bangunanya unik dan menarik. Pantas saja jika ketujuh gedung sekolah tersebut dikategorikan sebagai bangunan sekolah ter unik du dunia. Amazing :)

    ReplyDelete
  4. keren-keren bgt, bikin betah tuw low gedung sekolah kaya' gtu..
    coba di Indonesia da yg kya' gtu..
    :D

    ReplyDelete
  5. wah sekarang sudah ada iklan adsense-nya. selamat ya mas sudah di approve oleh google adsense :)

    ReplyDelete
  6. bentuk sekolahan yang unik-unik..di indonesia belum pernah saya lihat hehe

    ReplyDelete