Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta Menarik Dibalik Film Harry Potter

Film Harry Potter boleh saja sudah berakhir, tapi fenomena yang terjadi di belakang pembuatannya masih terus membuat kita terkagum-kagum, bahkan rasanya tidak akan pernah terpuaskan. Anda mungkin pernah bertanya-tanya dimana dan berapa banyak panggung set yang sudah dibuat untuk menghasilkan cerita ini hidup, atau terbuat dari apakah sapu terbang di film ini. 

Nah untuk menjawab rasa penasaran Anda, yuk mari sama-sama kita intip fakta menarik dari Harry Potter dan teman-temannya di dunia sihir dalam 7 Fakta Menarik Dibalik Film Harry Potter berikut ini. Semoga artikel ini bisa menghapus sedikit rasa penasaran Anda. Enjoy !

Harry Potter | 7 Fakta Menarik Dibalik Film Harry Potter

1. Tongkat Sihir

Semua tongkat di film Harry Potter dibuat di tempat, termasuk tongkat milik Daniel Radcliffe sekalipun. Menariknya, tongkat sihir milik Radcliffe ini berjumlah sampai 60-70 buah karena aus akibat dipakai selama tujuh film terakhir.

Yang lebih menarik, tidak ada satupun tongkat di film Harry Potter yang memiliki bentuk sama, bahkan milik si kembar identik Fred dan George Weasley sekalipun. Meski Radcliffe telah memakai beberapa tongkat, sebagian besar dari tongkat tersebut dibuat secara konsisten seperti yang ada di buku dengan panjang sekitar 33-38 cm.

Tongkat milik Dumbledore yang memiliki desain rumit juga tetap sama. Padahal dulu perusahaan film dan seluruh dunia mungkin, tidak tahu bahwa tongkat tersebut merupakan “The Elder Wand”.

2. Adegan di Aula Besar Hogwarts

Film Harry Potter telah menggunakan lebih dari 600 seragam sekolah dalam proses pembuatannya. Adegan pertempuran dalam film ‘Harry Potter and the Deadly Hallows’ menjadi adegan dengan jumlah terbesar pembuatan seragam untuk para pemain dan pemain pembantu. Ini bisa dilihat saat final antara 400 orang Death Eaters dan Snatchers bergabung dengan 400 orang guru dan murid Hogwarts ketika berkumpul di Aula Besar.

3. Replika Properti Film

Koin yang digunakan dalam adegan Bank Gringotts di dua film terakhir Harry Potter mencapai 210.000 koin. Tidak hanya itu, artefak liontin Salazar Slytherin juga dibuat dalam jumlah banyak. Sebanyak 40 replika liontin dibuat untuk mengakomodasi adegan Harry dan Ron ketika mereka berusaha untuk menghancurkannya. Luar biasa !

4. Wajah Populer Harry Potter

Fakta menarik dibalik pembuatan film Harry Potter berikutnya adalah tanda kilat di dahi Harry Potter. Tanda kilat itu telah dibuat oleh tim makeup Harry Potter sebanyak kurang lebih 5.800 kali. 2000 diantaranya diaplikasikan langsung di wajah Radcliffe, sedangkan sisanya diaplikasikan di wajah para pemain penggantinya.

Kacamata bulat Harry Potter juga telah diganti sebanyak 160 kali. Kacamata ini merupakan properti favorit Radcliffe di film ini.

5. Busana Dalam Film Harry Potter

Busana yang digunakan dalam pembuatan film ini mencapai lebih dari 25,000 busana. Amazing !

6. Naga Gringotts dan Makhluk Ajaib

Sebanyak 200 makhluk ajaib telah diciptakan untuk mendukung seri film Harry Potter, termasuk Naga Gringotts ini.

Selain Naga Gringotss ada juga Aragog, seekor Acromantula (laba-laba raksasa) yang muncul pada seri kedua Harry Potter, ‘Harry Potter and the Chamber of Secret’. Total sebanyak 250 hewan non-robot (hewan hidup) telah digunakan dalam film, yang terbesar adalah seekor kuda nil dan yang terkecil adalah kelabang. 

7. Shell Cottage

Rumah Bill dan Fleur, di mana Harry, Ron dan Hermione berlindung di film terakhir ini 90 persen dikerjakan di Leavesden Studio dan kemudian dipindahkan ke Fresh Water West di Wales.

Rumah tersebut diangkut oleh traktor di sepanjang pantai sebelum dibawa menaiki bukit pasir oleh kru. Lokasi itu menjadi lokasi paling sering difoto oleh penggemar. 4.500 keping kerang raksasa dibutuhkan untuk atap pondok, dan bahkan ratusan helai rumput ditanam secara manual ke dalam pasir di bukit sekitarnya. Settingan rumput ini tahan angin pantai berkat 10,9 ton air yang digunakan sebagai beban untuk menahannya.

Itulah tadi ketujuh fakta unik dan menarik dibalik film Harry Potter. Ternyata banyak fakta-fakta mencengangkan di balik pembuatan film ini. Tidak heran jika film seri Harry Potter ini menjadi salah satu film tersukses sepanjang masa.

Seperti yang dilansir oleh Wikipedia, Film Harry Potter merupakan salah satu film dengan keuntungan kotor terbesar sepanjang masa senilai $3,5 miliar, di bawah serial-serial James Bond ($4,3 miliar) dan Star Wars ($6 miliar)

Namun, seri Harry Potter merupakan film dengan keuntungan kotor terbesar di dunia untuk kategori film yang diadaptasi dari buku, dan mengalahkan trilogi film The Lord of the Rings ($2,9 miliar). Big applause dari saya untuk film ini.

Bagaimana ? rasa penasaran Anda sudah sedikit terobati ? semoga artikel tentang 7 Fakta Menarik dibalik Film Harry Potter ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Oh iya, jangan lupa baca juga artikel saya yang lain tentang film-film yang wajib ditonton oleh entrepreneur. Semoga menginspirasi.

Selamat menonton film.

1 comment for "7 Fakta Menarik Dibalik Film Harry Potter"

  1. Tentunya film tanah air juga harus sekelas dengan film hollywood tanpa mengurangi citra budaya negeri kita.

    ReplyDelete