7 Cara Seru Untuk Dapatkan Liburan Murah

5 comments
Berlibur tak harus mahal. Pokoknya bisa dinikmati, manjur menghilangkan stress, menambah pengetahuan dan menjadi akrab bersama keluarga. Ikuti beberapa trik berikut ini agar Anda bisa meminimalisir pengeluaran liburan dan mendapatkan liburan murah Anda.

Berbicara soal murah, mungkin anda juga bisa membaca artikel saya yang lain tentang tips murah belajar bahasa inggris
Pantai Pink, Lombok - 7 Cara Seru Untuk Dapatkan Liburan Murah
Image credit : wedustraveller.blogspot.com
Ok, inilah 7 Cara Seru Untuk Dapatkan Liburan Murah .. 

1. Cari Tiket Promo

Mencari tiket promo adalah langkah awal yang harus Anda lakukan jika ingin mendapatkan liburan murah. Banyak maskapai penerbangan yang memberikan promo khusus kepada traveler yang akan liburan. Anda bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk memesan tiket promo.

Jika Anda masih belum cocok dengan harganya, periksa lagi setelah beberapa hari, mungkin saja ada penurunan harga. Saat harga turun, segera pesan tiket promo tersebut. Dengan membeli tiket promo, Anda bisa menghemat biaya perjalanan sampai 50 persen. Jangan lupa beli tiket pulang yang promo juga yaa..

2. Liburan Bersama

Liburan bersama rombongan bisa menjadi  alternatif untuk mendapatkan liburan yang murah namun tetap seru. Dengan liburan bersama rombongan, Anda akan lebih mudah mendapatkan diskon, mulai dari diskon perjalanan sampai diskon hotel. 

Anda dapat mengajak teman kerja atau sanak famili untuk merencanakan liburan bersama. Rombongan tersebut tidak harus besar. 10 sampai 15 orang dalam rombongan sudah cukup membantu Anda memangkas anggaran liburan.

3. Menginap Tidak Harus di Hotel

Bila kenyamanan yang Anda prioritaskan, hotel memang menjadi pilihan terbaik. Namun, bila harga yang Anda utamakan, home stay atau penginapan merupakan pilihan terbaik bagi Anda. Dengan memilih menggunakan home stay, Anda bisa meminimalisir pengeluaran untuk menginap selama liburan. 

Biasanya di sekitar area wisata banyak disewakan home stay yang harga sewanya lebih murah jika dibandingkan dengan hotel. Selain itu, jika Anda memilih menggunakan home stay, Anda bisa memaksimalkan fasilitas dapur yang tersedia disana. Dengan menggunakan dapur tersebut, Anda juga bisa lebih menghemat biaya makan dengan memasak sendiri. Namun tentu saja Anda akan lebih repot, karena harus membawa bahan makanan dari rumah atau berbelanja di pasar terlebih dahulu.

Jika Anda bukan tipe orang yang mau repot, gunakan hotel saja. Namun tetap cari hotel bagus yang menawarkan layanan gratis atau sedang memberikan penawaran khusus, seperti gratis menginap satu malam lagi sesudah menginap dua malam. Atau layanan spa gratis bagi yang sudah memesan kamar terlebih dahulu. Dijamin liburan Anda pasti akan jauh lebih menarik!

4. Cari Info Transportasi Paling Murah

Hal lain yang tak kalah penting untuk mendukung liburan hemat Anda adalah mencari transportasi murah yang ada di kota tujuan. Hindarilah menggunakan taksi ketika berpergian di destinasi wisata. Ini karena taksi akan banyak menguras  uang Anda !

Jadi, alangkah baiknya kalau Anda cari tahu dulu transportasi apa saja yang ada di lokasi liburan, dan mana saja yang murah. Kemudian, pilih transportasi paling murah untuk menikmati liburan hemat Anda.
Menara Eiffel - 7 Cara Seru Untuk Dapatkan Liburan Murah
Image credit : Google

5. Manfaatkan Dengan Baik Teman-teman dan Keluarga Anda

Coba bayangkan saat ini Anda sedang liburan sendirian di sebuah kota yang belum pernah Anda datangi, misalnya Paris. Apa yang Anda lakukan?

Pilihannya:

Anda mencari teman baru di Paris.
Anda membayar jasa tour & travel setempat untuk membawa Anda berkeliling.
Atau Anda menghubungi teman-teman yang Anda kenal yang kemungkinan ada di Paris atau kenal dengan seseorang yang ada di Paris.

Mana yang Anda pilih ?

Jika Anda memilih opsi nomer 1, mungkin saja Anda bisa mendapatkan liburan murah karena mendapatkan teman baru di Paris, itupun jika Anda fasih berbahasa Perancis atau Inggris.

Opsi nomer 2 tentu tidak masuk hitungan karena Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan jasa tour & travel. Ini bertentangan dengan tujuan Anda yang ingin mendapatkan liburan hemat.

Opsi nomer 3 lah yang saya rasa paling menguntungkan. Anda bisa meminta bantuan teman Anda untuk mencarikan penginapan yang murah, atau justru Anda ditawari menginap di rumahnya. Anda bisa meminjam alat transportasinya atau dicarikan transportasi murah oleh teman Anda. Bahkan Anda bisa diajak berkeliling ke destinasi wisata menarik di sekitar lokasi tempat teman Anda tinggal. Luar biasa bukan ? Itulah gunanya teman.

6. Bukan musim liburan

Pergi berlibur saat bukan musim liburan akan membuat biaya perjalanan Anda menjadi lebih murah. Selain itu, suasana yang tidak begitu ramai di kawasan wisata akan Anda dapatkan juga. Suasana ini sangat cocok bagi Anda yang kurang menyukai suasana ramai. Bukankah Anda berlibur untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalankan rutinitas sehari-hari ? 

7.Liburan gak harus jauh-jauh

Tidak usah memaksakan diri berlibur ke luar negeri. Masih banyak kok destinasi wisata di Indonesia yang mengagumkan dan tak kalah menarik dengan yang di luar negeri. Atau justru liburan di kota tempat Anda tinggal, ke museum, alun-alun kota atau taman mungkin. Justru, dengan berlibur di dalam kota biaya yang Anda keluarkan akan jauuuh lebih sedikit daripada berlibur ke luar kota atau ke luar negeri.

Itulah ketujuh trik yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan liburan hemat Anda. Anda punya trik lainnya ? jangan sungkan-sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar dibawah ini. Jika Anda merasa artikel ini membantu, jangan lupa di share yaa agar teman-teman Anda yang lain juga bisa menerapkan trik ini.

Selamat liburan murah.

5 comments:

  1. Bener banget gan tricknya :v
    Pingin kayak gitu sih, tapi ane masih SMA kalo mau keluar negeri sendirian ngeri wkwk
    Kalo backpaperan menurut agan gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mumpung masih muda, puas-puasin deh mainnya gan
      kalau belum berani sekarang, pas kuliah boleh tuh dicoba ke luar negeri
      backpackeran oke juga tuh gan, tapi kudu siap mental aja, haha

      Delete
  2. Liburan seru dan murah itu jika lagi ada promo tiket. Memang benar tidak harus menginap di hotel.

    ReplyDelete
  3. haha bener-bner..setuju ane..apalagi yg manfaatin temen itu haha

    ReplyDelete
  4. wah betul juga tuh idenya, hemat dengan cara yang cerdas

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang