3 Keutamaan Ilmu Daripada Harta

24 comments
Harta dan ilmu, 2 hal yang sangat dekat dengan manusia. Manusia tentu tidak akan bisa hidup tanpa harta. Karena hanya dengan harta, manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Harta akan mencukupi semua kebutuhan jasmani manusia.

Namun, manusia juga tidak bisa lepas dari ilmu. Karena hanya dengan ilmu, manusia dapat memenuhi kebutuhan rohaninya. Sehingga manusia akan dapat berguna dan bermanfaat bagi manusia lainnya.

Persoalannya adalah, mana yang akan Anda pilih jika dihadapkan pada 2 pilihan diatas. Apakah harta ataukah ilmu yang akan anda pilih? Nah, tidak ada salahnya  kita belajar dari perkataan Ali Bin Abi Thalib ketika beliau ditanya dengan pertanyaan yang sama.

Ternyata beliau lebih memilih ilmu ketimbang harta. Menurut beliau, Ilmu memiliki banyak keutamaan ketimbang harta. Apa sajakah keutamaan ilmu dibanding harta menurut beliau ? ini dia 3 Keutamaan Ilmu Daripada Harta ..

Ilmu VS Harta | 3 Keutamaan Ilmu Daripada Harta

1.Harta Akan Berkurang Jika Diberikan Sedangkan Ilmu Justru Bertambah

Ketika Anda memiliki uang sebesar 10.000 misalnya, lalu Anda berikan uang itu kepada teman Anda sebesar 5.000, akankah uang itu bertambah ? tentu tidak bukan. Semua harta, apabila diberikan kepada orang lain pasti jumlahnya akan berkurang.

Berbeda dengan ilmu, ilmu tidak akan pernah berkurang. Sekalipun Anda memberikannya kepada orang lain. Guru contohnya, setiap hari mereka mengajarkan ilmu yang mereka miliki kepada murid-muridnya. Apakah dengar mengajar, lantas semua ilmu yang dimiliki sang guru akan hilang ? tidak bukan. Justru ilmu yang dimiliki guru tersebut akan semakin menancap di otak.

2. Harta Perlu Dijaga, Sedangkan Ilmu Justru Menjaga

Semakin banyak harta yang dimiliki seseorang, maka akan semakin sibuk pula orang tersebut berusaha untuk menjaganya dari incaran orang-orang yang ingin merampas harta tersebut. Entah itu pencuri di tengah malam ataupun perampok yang bisa datang sewaktu-waktu.

Dengan harta yang semakin banyak, bukannya semakin membuat hati tenang dan tentram, justru sebaliknya, hati akan dibuat semakin cemas, resah dan takut kehilangan harta tersebut.

Berbeda dengan ilmu, semakin banyak ilmu yang dimiliki seseorang, maka akan semakin terjaga pula orang tersebut dari hal-hal yang bisa membahayakan dirinya.

Misalkan saja seseorang yang memiliki ilmu beladiri, Ia akan lebih terjaga dari serangan perampok yang masuk ke rumahnya untuk mengambil harta bendanya. Bahkan mungkin dengan ilmu bela dirinya tersebut, Ia dapat menangkap dan menghajar perampok tersebut.

Nah, kesempatan tersebut tentu berbeda dengan orang yang tidak memiliki ilmu bela diri. Sangat mungkin orang tanpa ilmu ini hanya berdiam diri saja tanpa perlawanan. Dan mungkin saja mereka akan dibunuh oleh perampok tersebut agar si perampok lebih mudah mengambil harta bendanya.

3.Harta Bisa Dicuri, Sedangkan Ilmu Tidak

Banyak sekali dijumpai, entah itu di televisi, di surat kabar atau bahkan di lingkungan sekitar, orang-orang yang menangisi hartanya yang hilang dirampas perampok atau diambil pencuri. Memang, harta itu bisa lenyap kapan saja. Entah lenyap karena bencana alam, lenyap karena kebakaran atau lenyap karena hal-hal lainnya.

Namun berbeda dengan ilmu, sangat jarang ditemui, bahkan mungkin tidak pernah, seseorang yang berteriak-teriak histeris karena merasa kehilangan ilmu atau seseorang yang bersedih hati karena merasa ilmunya telah dirampas secara paksa oleh orang lain.

Nah itulah 3 Keutamaan Ilmu Daripada Harta menurut Ali Bin Abi Thalib. Sebenarnya ada 10 keutamaan yang beliau sampaikan. Namun, saya hanya menuliskan beberapa keutamaan yang saya anggap universal, sehingga bisa diterima oleh semua kalangan. So, manakah yang akan anda pilih ? harta ataukah ilmu ? share it ..

Selamat menuntut ilmu!

24 comments:

  1. Wahh.. kalo ilmu di curi bisa bahaya itu ... satu lagi mas ...ILMU ITU KALO DI BAGIKAN PAHALANYA AKAN MULTI LEVEL MARKETING

    ReplyDelete
  2. Wah jika ilmu dicuri bukanya yang punya justru senang karena bertambah, hehe mantab sob

    ReplyDelete
  3. menuntut ilmu itu bisa menghasilkan harta...
    sedangkan harta tidak bisa membeli ilmu...

    ReplyDelete
  4. ilmu bisa menarik harta, sayang kadang untuk berilmu harus berharta menurut sebagian orang, padahal tidak sama sekali. makanya banyak yang minder karena tidak berharta tidak ingin menuntut ilmu, akhirnya banyak orang memilih harta karena bisa membeli ilmu katanya. padahal inilah penghalang.

    ReplyDelete
  5. ane pernah denger gan ceritanya ni, sayidina ali di tanya ma orang 'badui' atau apalah ane lupa, dia ditanya 10 kali dengan orang berbeda. dan ali menjawab dengan berbeda pula sebanyak 10x. yang 3 ada di atas. trus yang ane inget lagi, klo harta bisa habis jika di sedekahkan, klo ilmu jika di amalkan akan bertambah. bukan begitu bang?

    ReplyDelete
  6. dengan ilmu, maka harta pun akan menyertai.. asyik, hehe.. tapi kalo sudah punya ilmu, jangan pernah disimpan sendiri.. tapi bagi dengan orang lain biar ilmu tersebut bisa lebih bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  7. @Deby Putra Bahrodin : pokoknya ga ada ruginya deh punya banyak ilmu itu..
    @Cendekiawan IT : YES ! setuju saya mas !
    @Royn : kalau dicuri sih nggak enak juga ya mas, mending diberikan secara langsung aja

    ReplyDelete
  8. @AuL Howler : disamping itu ilmu juga lebih mulia daripada harta, sobat ^^
    @Terapi Qolbu : iya sobat, memang begitulah fakta yang ada, padahal menuntut ilmu kan bisa darimana saja, tidak harus dengan harta ..
    asalkan ada kemauan keras untuk belajar, ilmu yang didapatkan pasti akan bermanfaat
    @cerita anak kost : bner banget sob, saya juga dapet ide postingan ini waktu pelajaran agama di sekolah, hehe.

    ReplyDelete
  9. @dhenok habibie : ilmu yang bermanfaat tapi mbak, bukan ilmu hitam hehe..
    harus dibagikan dong mbak, biar ilmunya bisa berguna juga bagi orang lain, iya nggak nih ?
    @Neesa Technologies Ltd : thank's for visiting and commenting my article ^^

    ReplyDelete
  10. Emang betul itu gan, pilih ilmu aja dah,
    ilmu juga bisa ngehasilin duit loh (ilmu adsense) :D

    #salam kenal
    mohon difollow, pasti ana folback

    ReplyDelete
  11. ilmu adalah harta tak terkira tapi skarang harta bisa beli ilmu dan ilmu bisa ngiler oleh harta

    ReplyDelete
  12. bener kata bang aul..ilmu bisa menghasilkan harta,tapi harta gabisa ngasih kita ilmu.sayangnya di jaman sekarang,percuma juga dompet tebel tapi otak bebeuul wkwkwk

    ReplyDelete
  13. untuk mendapatkan harta membutuhka ilmu, sedangkan untuk mendapatkan ilmu tidak selamanya membutuhkan harta

    ReplyDelete
  14. ilmu menunjukkan kita jalan yang lurus, tapi harta terkadang membawa kita ke jalan yang hina, hayo pilih mana???

    ReplyDelete
  15. Kunjungan malam sobaaat
    maaf baru berkunjung
    sebenarnya dari ilmu itu kita juga akan mendapatkan manfaat yang luar biasa di dunia maupun di akhirat ini
    dalam mencari hartapun kita juga perlu ilmu ^^

    ReplyDelete
  16. Subhanallah.....
    Ilmu adalah Penerang dari Kegelapan,
    berbagai kegelapan.....
    Ilmu adalah Investasi Dunia Akhirat...
    dan masih banyak lagi keutamaan Ilmu,
    dan lebih afdhal lagi jika ilmunya diamalkan,
    akan terus menghasilkan Buah,
    bahkan Pahalanya akan terus mengalir seiring Ilmu yang diamalkan terus memberi manfaat terhadap orang lai...
    nice share....

    ReplyDelete
  17. dengan kita mempunyai ilmu pasti harta akan mengikuti,yang penting berada di jln yang benar.

    ReplyDelete
  18. Makasih atas pencerahanya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  19. Menurut saya, menyedekahkan ilmu dan harta haruslah seimbang agar kehidupan kita kelak di akhirat lebih bahagia, jangan tertipu dengan dunia. Ilmu tanpa iman, pincang, ilmu tanpa amal omongkosong. Jadi, manfaatkan ilmu sebaiknya dan bersedekahlah mumpung ada kesempatan hidup. Hehe

    ReplyDelete
  20. ilmu membuat orang berguna. Tanpa ilmu, kita bukan apa-apa...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang