'Sunni' Dan Kontroversi Girlband Berjilbab

17 comments
Fenomena girlband dan boyband yang booming di 2011 lalu membuat banyak pihak menggunakan momentum ini untuk meraup keuntungan, tak terkecuali stasiun televisi. Acara-acara musik di berbagai stasiun televisi misalnya, di tahun 2011 kemarin mereka banyak mengundang artis-artis boyband dan girlband lokal untuk tampil di acara mereka. Saking boomingnya, sampai-sampai ada yang menjadikan personel boyband sebagai tuhan !  

Tidak hanya itu, di tahun yang menjadi tahun kebangkitan boyband dan girlband Indonesia itu, beberapa stasiun televisi juga mengadakan ajang pencarian bakat bagi boyband dan girlband baru yang ingin terkenal. Sebut saja SCTV dengan Boyband And Girlband Indonesia" nya dan Indosiar dengan Galaxy Superstars.

Tentu saja ajang pencarian bakat ini menarik perhatian, khususnya para K-pop Holic. Mereka berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk mengikuti audisi ini. 
Girlband Sunni - Sunni Dan Kontroversi Girlband Berjilbab
Girlband Sunni
Banyak peserta dari masing-masing daerah yang akhirnya menjadi kontestan ajang pencarian bakat itu. Namun, terdapat fenomena unik pada ajang pencarian bakat yang diadakan SCTV, Boyband And Girlband Indonesia. Jika biasanya girlband identik dengan wajah cantik, badan seksi dan pakaian yang super ketat lalu menari-nari di atas panggung, maka di BGBI – Boyband And Girlband Indonesia- justru ada peserta girlband yang memakai jilbab

Bayangkan saja mereka menari-nari dan menyanyi diatas panggung dengan menggunakan jilbab dan pakaian tertutup lainnya! Tentu ini mengundang sejumlah kontroversi

Sunni, nama girlband berjilbab itu. Girlband asal Gresik itu pun menghebohkan dunia musik di Indonesia. Berbagai kalangan akhirnya angkat bicara soal girlband berjilbab itu. 

Nah, inilah dia beberapa pendapat hasil jajak pendapat dengan teman-teman di dunia maya lewat Facebook, Twitter, dan Kaskus.
Sunni Dan Kontroversi Girlband Berjilbab

1.Sah-Sah Saja

Sunni Dan Kontroversi Girlband Berjilbab





Bagi mereka, girlband yang memakai jilbab tidak masalah. Itu merupakan hak dari setiap orang. Lha wang orang lain boleh bikin girlband, kenapa mereka ngga boleh coba ?. Kira-kira seperti itulah pendapat orang jenis ini menanggapi kontroversi girlband berjilbab.

2. Boleh, tapi…

Boleh saja ada girlband berjilbab, tetapi tetap harus menjaga batasan-batasannya. Toh selama ini Sunni tidak terlalu erotis dalam menampilkan tarian aksi panggungnya. Selama masih sesuai dengan batas kewajaran dan masih bisa ditoleransi mengapa tidak ?  kira –kira seperti itulah gambaran umum pendapat kelompok ini.

3.Menentang

Sunni Dan Kontroversi Girlband Berjilbab



Sunni Dan Kontroversi Girlband Berjilbab



Golongan ini menentang girlband yang memakai jilbab. Argumen mereka bermacam-macam. 

Ada yang menentang karena hal ini sama saja dengan melecehkan islam. 

Ada juga yang berargumen bahwa percuma saja memakai jilbab tetapi kelakuannya tidak sesuai penampilannya. 

Lalu ada juga yang berpendapat bahwa ini merusak citra jilbab yang anggun, soalnya biasanya jilbab dimakai seorang muslimah, dan dengan jilbab itu mereka jadi terlihat anggun. 

Serta ada pula yang berpendapat bahwa girlband yang make jilbab itu salah tempat kalau mau terkenal. Mereka kan bisa bikin grup nasyid atau qosidahan, ngga harus lewat girlband.

4. Bagus, Bisa Memotivasi

Justru bagus !! ini bisa memotivasi muslimah yang lain untuk bangga menggunakan baju-baju muslim. Selain itu, momentum girlband berjilbab ini bisa dijadikan contoh untuk muslimah yang ingin terjun di dunia entertainment. Meskipun muslimah dan berjilbab, tetapi tetap bisa kok eksis di dunia intertaintment.

Selain itu, golongan ini berpendapat bahwa masih banyak kontestan-kontestan lain di BGBI yang lebih parah dengan memperlihatkan paha-paha mulus mereka, padahal mereka itu juga muslimah!

5.Pendapat saya

Sunni Dan Kontroversi Girlband Berjilbab






Kalau saya sih menentang. Memang sih menjadi girlband berjilbab itu tidak melanggar hukum. Tetapi girlband berjilbab itu sudah melanggar etika dan norma yang selama ini dianut masyarakat. Masyarakat selama ini mengenal bahwa seorang muslimah yang berjilbab itu anggun, sopan, ramah. Bukannya jingkrak-jingkrak diatas panggung.

Saya sebenernya ngga ngikuti BGBI itu, tetapi setelah search di mbah google ternyata Sunni masuk nominasi 3 besar bahkan bisa 2 besar apabila dewan juri tidak memberikan hak veto (hak menyelamatkan) kepada grup yang sudah dieliminasi. Ini membuktikan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang mendukung kiprah Sunni dalam dunia girlband ini.

Well, bagaimana pendapat Anda ? setuju, menentang atau no comment ? apa sih pendapat Anda tentang girlband berjilbab ini ? silahkan komentar dibawah untuk berpendapat, hehe…..

17 comments:

  1. Her yerde bu tür tartismalar var. Ancak kendimizi iyi muhafaza etmeliyiz. Çünkü Ahir zamanda yasiyoruz.. Allah yardimcimiz olsun.

    ReplyDelete
  2. @Ev Dekorasyonu : Benar sobat, diskusi tentang suatu permasalahan adalah hal biasa, tetapi kita juga harus tetap menjaga diri kita juga ^^

    ReplyDelete
  3. Aku sih menentang sob, soalnya dakwah bukan dengan cara seperti ini, aku sudah pernah berusaha berdakwah di kalangan yang bersangkut dengan tarik suara, tapi aku salah ^^ dakwah itu sesuai tuntunan, berpakaian aja dituntun, dan hal-hal yang memang diluar atau hampir keluar batas atau syubhat (yang sebenarnya kita tidak pahami hukumnya)diusahakan dijauhi.
    good information sob, jazakallah.. ^^
    http://ismarmiaty.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. kalo menurut saya sih keliatannya jelek ..
    wong pake kerudung, tapi bawahannya ketat mah sama aja dong ..
    berpakaian tapi telanjang .

    ReplyDelete
  5. sah2 aja siih
    asal ngak terlalu berlebihan...
    smuanya kalo sewajar2, pasti lbh baik

    ReplyDelete
  6. BERJILBAB TAPI CELANA KETAT,,,SAMA AJA MENAMPAKKAN AURAT KEPADA PUBLIK ATAU KHALAYAK RAMAI...CKCKCKCKCCK

    ReplyDelete
  7. hmmm, sebuah kontroversi yg saya sendiri cukup sulit utk menaggapinya atau mengkritiknya, yah setiap sesuatu akan ada konsekuensinya,,,,

    so , tetap semangat aja buat girlband sunni, mungkin itu yg mereka pilih :)

    ReplyDelete
  8. ##klo tidak berkenan dengan komentar ini,, silahkan DIHAPUS ADMIN#

    kunjungan diawal maret :D
    Jangan lupa mampir & memberi komentar diblog saya
    click disini

    ReplyDelete
  9. Itu bukan Jilbab...
    Auratnya tetep kelihatan....
    BUANG AJA JAUH'' TUH SUNNI....

    ReplyDelete
  10. Mas DV maaf klo boleh tahu. Jilbab, penutup kepala, atau apalah namanya, kalo menurut aqidah Katolik bagaimana? Btw, semasa kecil (1960-1970-1n) saya tinggal di Malang. Di jaman itu saya biasa melihat para wanita Katolik yg taat biasa mengenakan "jilbab". Sementara kaum Muslimah Indonesia justru baru pada ramai berjilbab setelah (mudah2an saya tidak keliru) meletus "Revolusi Iran" di awal 1980-an. Kemudian dipengaruhi juga oleh munculnya PM Pakistan Benazir Bhuto. Walau dia cuma berjibab "setengan porsi". KOZ

    ReplyDelete
  11. Berpakaian tetapi telanjang,Berjilbab adalah perintah Allah dalam surat Al Ahzab,yang harus dilakukan karena mengikuti perintah Allah & ikhlas karenaNya,Al Bayyinah 5,jika Jilbab dipakai hanya sebagai suatu Identitas suatu group,(bisa dilihat mereka berjilbab karena Allah atau tidak dari pakaian mereka yg berpakaian tetapi telanjang),maka mereka telah menyelewengkan suatu perintah Allah,bahkan menghina syariat karena Musik adalah suatu yg Harom (ada yg membolehkan dg syarat2 tertentu & saya cenderung memilih pendapat Haromnya berdasarkan Hadits http://bungazahrah.wordpress.com/2008/01/20/hadist-shahih-tentang-haramnya-musik/) sedang jilbab adalah perintah,apalagi disertai tarian yg tidak pantas,dengan pakaian yg tidak pantas pula.sama saja orang yg memelihara jenggot (yg merupakan sunnah Nabi) hanya sebagai identitas suatu group/kelompok.

    ReplyDelete
  12. sah-sah saja selama mereka masih tau aturan berpakaian (mengingat mereka menggunakan jilbab, berarti harus tau bagaimana berpakaian untuk wanita berjilbab). dan selama tidak menampilkan hal-hal yang seharusnya tidak ditampilkan (tarian2 erotis atau apalah), kayaknya gak masalah.

    ReplyDelete
  13. Sah2 aja..., selama masih menjaga adab dan etika nya...
    Islam tidak pernah melarang selama itu baik kecuali lebih banyak mudharatnya...
    Soal jilbab, itu adalah pakaian wanita islam, bukan menentukan tingkat keimanannya... Ingat, Jilbab itu wajib bagi wanita muslim, bukan wajib bagi yg siap.... hmm....

    ReplyDelete
  14. Hoeks..... bikin mutah & neg.
    Gak pantes !

    ReplyDelete
  15. tapi jangan kasar-kasar gitu dong Gan...

    ReplyDelete
  16. ini pendapatku sendiri.. setiap orang punya pendapat masing - masing..ini lebih cenderung ke pertanyaan sih ~~~ ^_^
    Apa itu salah jika dari awal berjilbab tapi ingin jadi girlband ? apa kalo dari awal berjilbab punya cita - cita jadi girlband buat yang suka nyanyi ma tari mereka harus membuka jilbabnya agar tak disebut melecehkan islam atau sebagainya? atau meraka harus mengubur cita - cita mereka jadi girlband karena berjilbab ?
    apa dilarang jika berjilbab jadi girlband? apa harus bernyanyi islami karena berjilbab dan gak boleh bernyanyi cinta - cintaan?
    berarti sinetron - sinetron indonesia yang pemainnya berkerudung tapi dalam cerita itu pacaran juga harusnya dapat kritikan dong, mereka kan sama - sama public figure? tapi kenapa seakan hal yang biasa saja? berarti artis - artis berjilbab yang memakai clana ketat juga di kritik dong.. itu kan gak sesuai syariat islamkan? kenapa seakan biasa saja artis berjilbab tapi pakai clana ketat? dan mereka juga yang memakai jilbab jaman sekarang / pasmina yang dimodel - model itu yang jadi tren bukankah ngelanggar aturan islam juga? kenapa gak diprotes tapi sepertinya hal biasa? bukankah jilbab harus menutupi dada? pakaian berjilbab tidak boleh nerawang atau membentuk badan ? bagaimana dengan hal itu ? bukankah suara wanita juga aurat? bagaimana dengan hal itu?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang