7 Kisah Kegagalan yang Berujung Sukses Besar

5 comments
Siapa yang ingin sukses ? semua orang pasti akan menjawab “Saya Ingin Sukses!”. Tapi apabila pertanyaannya dibalik, siapa yang ingin gagal ? pasti semua orang akan sepakat berkata tidak ingin gagal.

Sejatinya sukses dan gagal adalah satu paket. Ia-nya sendiri adalah suatu proses panjang yang harus dilalui. Tidak ada satupun orang sukses di dunia ini yang tidak pernah gagal. Tidak ada satupun.

Seperti kisah-kisah dibawah ini. Orang-orang ini mengawali hidupnya dengan kisah-kisah kegagalan yang tiada henti, namun akhirnya mereka mengakhirinya dengan manis, mereka sukses besar !

Adam Khoo - 7 Kisah Kegagalan yang Berujung Sukses Besar | Albab Alpachino
Berikut ini adalah 7 Kegagalan yang berujung Sukses Besar versi Albab Alpachino. 

Anda juga bisa membaca tips sukses dari saya di 7 Kiat Agar Menjadi Orang Sukses.
Semoga menginspirasi.

1. Adam Khoo

Adam Khoo adalah orang Singapura. Sewaktu kecil Ia lebih sering menghabiskan waktunya di depan televisi dan bermain game. Ia bahkan bisa berjam-jam di depan televisi, entah itu menonton TV ataupun bermain Playstation (PS).

Adam Khoo dikenal sebagai anak yang bodoh. Saat duduk di bangku kelas 4 SD, ia dikeluarkan dari sekolah saking bodohnya. Akhirnya ia pun masuk ke SD paling buruk di Singapura. Karena kebodohannya pulalah, Adam sampai ditolak oleh 6 SMP terbaik di Singapura ketika akan masuk SMP.

Apakah ini kisah tentang anak yang gagal di SD dan bersekolah di SMP terburuk akibat kebodohannya ?

Tidak. Ini cerita tentang Adam Khoo. Pemilik 4 bisnis dengan total omset mencapai US$ 20 juta per tahun. Adam memulai bisnisnya ketika masih berusia 15 tahun dengan berjualan music box. Diikuti dengan bisnis training dan seminar. Prestasi Adam dalam dunia bisnis mulai meroket pada saat Ia berusia 26 tahun. Sekarang Adam Khoo adalah seorang trainer tingkat nasional di Singapura. Klien-klien Adam adalah para manager dan top manager perusahaan-perusahaan di negaranya. Bayarannya pun mencapai US$ 10.000 per jamnya. Luar Biasa !

2. Albert Einstein

Ketika kecil Ia adalah seorang anak yang terlambat bicara dan juga mengidap Autisme. Ia juga sering lalai dengan pelajarannya.

Apakah ini kisah tentang anak kecil autis yang tidak punya masa depan dan selalu gagal di kelasnya ?

Tidak. Ini kisah tentang Albert Einstein. Seorang ilmuwan terkenal dan paling berpengaruh di abad 20 dengan teori relativitasnya. Saya sangat yakin, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya.

Salah satu quote favorit saya dari beliau adalah “Hanya orang-orang GILA yang mengharapkan hasil BERBEDA akan tetapi menggunakan cara-cara yang SAMA.”

3. Aristotle Onassis

Seorang pemuda belasan tahun gelisah di sudut taman kota Simyrna, Yunani. Ia gagal lulus SMA, dan harus siap berhadapan dengan ayahnya.

Di rumah ia bertengkar dengan ayahnya. Ia ingin berhenti sekolah tapi ayahnya memaksanya untuk melanjutkan sekolah.

Akhirnya pemuda itu nekat pergi ke Argentina pada usia 17 tahun hanya dengan membawa bekal US$ 450, tanpa ijazah, tanpa koneksi dan tanpa pengalaman kerja.

Kalaupun ada pengalaman usaha adalah pengalamannya ketika kecil. Ia pernah memungut pensil dari sisa-sisa kebakaran dan membersihkannya lalu menjualnya kepada teman-temannya. Hanya itu saja pengalaman bisnisnya.

Apa yang bisa dilakukan pemuda yang tak lulus SMA ini, dengan modal uang US$ 450 di negeri orang, tanpa kenal siapapun ?

Dengan modal kecil tersebut pemuda ini bisa membangun bisnis perdagangan kapal terbesar di dunia.

Pemuda itu adalah Aristotle Onassis, raja kapal yang sempat menjadi orang terkaya di dunia.

Untuk menggambarkan kekayaan Onassis, akuntannya menjelaskan, butuh waktu 8 tahun untuk mendapatkan hitungan tepat ke pembulatan 10 dollar seluruh kekayaannya.

4. Thomas Alva Edison

Pria ini adalah penemu terbesar sepanjang masa. Hasil ciptaannya telah memberi pengaruh besar dalam kehidupan manusia dan masih bisa dirasakan manfaatnya hingga saat ini.

Pria yang dibesarkan di Michigan ini adalah orang yang mengubah industri dan kehidupan manusia dengan penemuan lampu pijar, sistem kelistrikan, komunikasi dan berbagai penemuan lainnya.

Ia kini tercatat sebagai penemu paling produktif di dunia dengan mengantongi 1.093 penemuan yang dipatenkan atas namanya di Amerika, Inggris, Perancis dan Jerman.

Apakah pria ini lahir sebagai manusia super genius ?
Apakah masa kecilnya dilalui dengan kekaguman orang atas kecerdasan dan daya kreativitasnya yang luar biasa ?

Pria ini adalah Thomas Alva Edison yang masa kecilnya jauh sekali dari kesan cerdas dan berprestasi.

Anak bungsu dari 7 bersaudara ini mempunyai masalah akademis yang parah, bahkan sangat parah. Di kelas, ketika anak lain memperhatikan pelajaran dengan penuh perhatian, pikirannya mengembara kemana-mana.

Edison kecil dikenal sebagai anak yang bodoh bahkan menjadi langganan mendapat ranking paling bawah. Kepala sekolah menjulukinya otak udang dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan sekolah.

Akhirnya ibunya mendidiknya sendiri di rumah (Home Schooling). Sebagian besar pendidikannya berasal dari membaca buku.

Tapi lihatlah sekarang, dari anak idiot yang tidak bisa apa-apa, Edison menjelma menjadi penemu paling produktif sepanjang masa! Luar biasa!

5. Jose Mourinho

Sepak bola adalah kegiatan yang paling disukainya sejak kecil . Ayahnya sangat terpukau dengan pengetahuannya tentang sepakbola.

Untuk mengikuti jejak sang ayah, saat remaja, pemuda yang lahir 26 Januari 1963 ini, masuk ke tim sepakbola yang dilatih oleh ayahnya.

Namun nasib tidak berpihak padanya, setelah melewati berbagai latihan dan kerja keras, ia dinyatakan tidak akan sanggup menjadi pemain sepakbola professional. Kekuatan dan kecepatannya tidak memenuhi standar minimal pesepak bola professional.

Meskipun begitu, ia tetap ingin mengejar impiannya sebagai pemain sepak bola, tapi kali ini orangtuanya tidak mendukung. Sang Ibu memintanya untuk kuliah di bidang ekonomi. Selang sehari ia menyatakan keluar dari kuliah dan tidak mau melanjutkannya lagi.

Ia tidak qualified menjadi pesepak bola. Ia juga tidak mau menjadi pakar ekonomi atau bidang lain yang tidak berhubungan dengan bola.

Lalu bidang apa yang tepat baginya ?
Apakah ia harus meninggalkan impiannya menjadi pemain sepakbola ?

Pemuda ini akhirnya memilih untuk kuliah di bidang olah raga. Ia sadar, tidak mungkin bisa menjadi atlit professional, tapi Ia melihat peluang lain untuk tetap bisa bekerja yang berhubungan dengan sepak bola sekalipun bukan menjadi pemain sepakbola.

Ia kemudian mengambil sertifikasi pelatih. Ia memulai karir sebagai penerjemah pelatih asing, lalu perlahan-lahan meningkat menjadi asisten pelatih, kemudian meningkat menjadi pelatih tim junior sampai akhirnya dipercaya menjadi pelatih divisi utama.

Pemuda ini adalah Jose Mourinho, The Special One, salah satu pelatih sepak bola yang dikenal luas sebagai pelatih jawara. Tim yang ditanganinya selalu sukses mendapat trofi.

6. Bill Gates

Bill gates adalah seorang mahasiswa yang di drop out (DO) dari kampusnya di Harvard dan pernah bekerja sebagai Office Boy. Apakah ia menyerah atas nasibnya ?

Tidak. Bill Gates kini lebih dikenal sebagai pendiri (bersama rekannya Paul Allen) dan juga ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Ia juga menempati posisi pertama orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun dari 1995 hingga 2007.

7. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg adalah seorang mahasiswa DO (drop out) dari Harvard yang sukses dengan berhasil mendirikan social media terbesar, Facebook. Ia membuktikan bahwa walaupun ia gagal lulus kuliah, ia masih bisa sukses besar.

Facebook yang dibuat Mark bermula dari sebuah situs penghubung antar mahasiswa di Harvard. Ternyata situs ini mendapat respon yang positif dari mahasiswa disana. Akhirnya, Mark memutuskan untuk mengikuti jejak seniornya, Bill Gates, DO dari Harvard untuk fokus mengembangkan situs tersebut menjadi Facebook yang kita kenal sekarang ini.

Keputusan Mark berbuah manis. Ia dinobatkan sebagai miliader termuda dalam sejarah yang memulai usaha dari keringatnya sendiri. Selamat Mark !

Berikut adalah wawancara Business Insider dengan Mark Zuckerberg tentang rahasia kunci suksesnya. Silahkan ditonton.


Itulah tadi 7 kisah sukses yang berawal dari kegagalan. Pelajaran yang bisa dipetik dari mereka ber-tujuh adalah mereka tidak menyerah pada keadaan, nasib, atau apapun yang menghambat mereka. Mereka tidak berputus asa terhadap kegagalan mereka. Mereka tetap bangkit lagi walau telah jatuh puluhan kali. Ratusan kali. Bahkan ribuan kali. Mereka telah memenangkan pertarungan sampai kegagalan bosan menghampiri mereka dan kesuksesan dengan senang hati menghampiri mereka.

Anda pun bisa sukses besar seperti mereka ! kuncinya satu: Jika jatuh, bangkit lagi. Jika jatuh kembali, bangkit lagi... teruuus sampai kesuksesan menghampiri Anda. 

Saya doakan semoga Anda semua sukses ! Salam Sukses besar !
Signature Albab Alpachino

5 comments:

  1. siapa tau bisa mengikuti jejak mereka

    ReplyDelete
  2. Hebat!!!, itu sebabnya kita tidak boleh menyerah untuk meraih impian dan menjadi sukses di bidang kita masing-masing.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang