7 Lagu Indonesia yang Dinyanyikan Musisi Dunia

48 comments
Lagu Indonesia yang Dinyanyikan Musisi Dunia - Sebagai orang Indonesia kita boleh berbangga, karena ternyata ada beberapa lagu karya anak bangsa yang disukai bahkan dinyanyikan oleh musisi dunia. Hal ini tentu membuktikan bahwa kemampuan musikalitas musisi Indonesia ternyata tidak kalah dengan musisi dunia. Meski lagu-lagu tersebut memang mengalami perubahan seperti pada judul, tapi dengan mendengar nadanya, kita pasti ingat bahwa lagu itu adalah lagu Indonesia. Penasaran lagu Indonesia apa saja yang dinyanyikan oleh musisi dunia ? simak 7 Lagu Indonesia yang Dinyanyikan Musisi Dunia berikut ini ..

Peterpan, 7 Lagu Indonesia yang Dinyanyikan Musisi Dunia

1. Cari Jodoh - Wali Band

Lagu ciptaan Apoy ini kembali dilantunkan oleh penyanyi pop asal negara Malta, Fabrizio Faniello yang pernah mewakili negaranya pada Eurovision Song Contest tahun 2001 dan 2006. Lagu “Cari Jodoh” ini pun berubah judul menjadi I No I Can Do saat dinyanyikan penyanyi berusia 30 tahun itu. Sebelumnya ada kesalahpahaman yang beredar bahwa Fabrizio Faniello melakukan plagiat terhadap lagu milik band asal pesantren ini. Namun berita itu segera dibantah produser Fabrizio, Manfred Holtz. Pria asal Jerman tersebut mengatakan semua royalti tetap milik Wali, akan tetapi Fabrizio hanya mengubah lirik agar sesuai dengan lagu Wali namun tetap enak dibawakan Fabrizio. Selain lagu “Cari Jodoh” ini ternyata Fabrizio Faniello juga tertarik membawakan kembali lagu Wali Band yang lain yaitu Baik-Baik Sayang.

2. Sephia - Sheila On 7

Sephia, Lagu yang bertemakan tentang perpisahan dari seorang peselingkuh dengan selingkuhannya ini dinyanyikan kembali oleh Qi Qin, penyanyi terkenal dari Taiwan. Namun lagu ciptaan Eros tersebut diganti menjadi Sophia. Dan ternyata pergantian itu bukan hanya dilakukan pada judulnya saja, melainkan juga pada liriknya. Lagu Sephia ini pernah menjadi Lagu Terbaik Kategori Pop Progressive serta Lagu Terbaik Kategori Best Of The Best pada ajang Anugerah Musik Indonesia tahun 2001.

3. Tak Bisakah & Di Belakangku - Peterpan

2 lagu milik band yang sedang vakum ini yaitu lagu Tak Bisakah dan Di Belakangku ternyata dijadikan soundtrack salah satu film di India yaitu Woh Lamhe. Dengan demikian, judul dan lirik lagu ciptaan Ariel Peterpan itupun diubah menjadi berbahasa India yaitu Kya Mujhe Pyaar Hai untuk lagu “Tak Bisakah” dan Aao Milo Chale untuk lagu “Di Belakangku”. Di Indonesia sendiri, lagu “Tak Bisakah” merupakan soundtrack untuk film Alexandria yang diproduksi tahun 2005. Lagu “Tak Bisakah” dan “Di Belakangku “ merupakan lagu-lagu pada album soundtrack Alexandria, dan album tersebut berhasil terjual sebesar 1 juta kopi.

4. Sempurna - Andra & The Backbone

Lagu berjudul “Sempurna” yang diciptakan Andra ternyata bukan saja pernah dinyanyikan oleh grup band Andra & The Backbone, tetapi lagu tersebut juga pernah dipopulerkan kembali oleh Gita Gutawa dengan gaya dan aransemen yang berbeda. Dan yang cukup membanggakan, ternyata lagu “Sempurna” itu pernah diminta oleh penyanyi asal Korea bernama Nicholas Teo untuk dimasukkan kedalam albumnya yang berjudul The Moment of Silence yang dirilis 5 Juni 2009 silam. Andra pun mengabulkan permintaan tersebut dengan mengubahnya kedalam bahasa Korea namun tetap dengan judul yang sama yaitu “Sempurna”. Beberapa waktu lalu pun ada kabar yang beredar bahwa lagu “Sempurna” ini juga  dinyanyikan sebuah grup band Jepang Shiroi Iro Wa Koibito no Iro.

5. Hingga Akhir Waktu - Nine Ball

Satu lagi karya anak negeri yang dibeli oleh penyanyi luar lainnya adalah lagu Hingga Akhir Waktu yang dinyanyikan oleh grup band Nine Ball. Lagu andalan band asal Bandung ini kembali dipopulerkan oleh penyanyi asal Filipina yaitu Christian Bautista. Judul lagu yang berisi tentang cinta mendalam dari seseorang terhadap kekasihnya itupun berubah menjadi Till The End of Time dan liriknya dialihbahasakan menjadi bahasa Inggris. Christian sendiri memang tidak asing lagi dengan dunia musik Indonesia. Selain proyeknya ini, Ia juga pernah berduet dengan penyanyi Indonesia lainnya yaitu Bunga Citra Lestari.

6. Bengawan Solo - Gesang

Di saat lagu keroncong bukan menjadi musik yang populer saat ini di masyarakat Indonesia, siapa sangka lagu keroncong berjudul “Bengawan Solo” justru terkenal di mancanegara. Lagu yang diciptakan maestro keroncong Gesang pada tahun 1940 ini telah dialihbahasakan ke versi bahasa Inggris dan dibawakan oleh Mona Fong, penyanyi kelahiran China. Selain itu lagu “Bengawan Solo” juga pernah muncul di film In The Mood For Love  besutan Wong Kar-wai pada tahun 2000.

Disamping itu lagu yang menceritakan sebuah sungai di Solo ini juga dinyanyikan oleh penyanyi jazz asal Jepang keturunan Brazil, Lisa Ono dengan begitu indahnya. Lagu yang diciptakan dalam waktu 6 bulan ini telah diterjemahkan setidaknya kedalam 13 bahasa antara lain Tionghoa dan Bahasa Jepang. Atas karyanya yang mendunia ini, Gesang tetap berhak atas royalti lagu “Bengawan Solo”.

7. Nina Bobo

Lagu yang sering disenandungkan saat seorang ibu pada anaknya yang akan tidur ini, ternyata telah dinyanyikan oleh penyanyi asing seperti Anneke Gronloh,Wieteke van Dort,  Li Xiao Mei dan yang terbaru adalah Claudia Patacca dan Gerrit Ellen dalam sebuah orchestra di Belanda. Menariknya adalah, karena lirik lagu ini dinyanyikan sama dengan lirik aslinya yaitu “Nina bobo..oh..nina bobo, kalau tidak bobo digigit nyamuk”. Sayangnya, sampai saat ini masih belum jelas siapakah yang menciptakan lagu tersebut, tapi yang jelas kata “Nina Bobo” lahir sebagai terjemahan dari Lullaby yang berarti lagu pengantar tidur.

Nah itulah tadi 7 Lagu Indonesia yang Dinyanyikan Musisi Dunia. Wah wah wah, ternyata musisi Indonesia juga tidak kalah kan dengan musisi dunia lainnya. Makin bangga deh sama Indonesia. Well, Bagaimana dengan anda ?

Untuk menambah kebanggaan anda kepada Indonesia, anda juga bisa membaca artikel saya tentang 7 Hal Bernamakan Indonesia di Dunia

48 comments:

  1. haaaaaaaa, aq lihat juga di OTS ini... ^_^

    Nice post deh... ^_^

    ReplyDelete
  2. Cendekiawan IT : waaa, ketauan deh :D, emang terinspirasi dari OTS ini mas, wkwkwk ^^

    ReplyDelete
  3. kerenn ... hehehe....... kunjungan siang .. hehe

    ReplyDelete
  4. wah sy pernang dengar ini di on the spot sobat...

    ReplyDelete
  5. hebat-hebat . . .

    salut juga sama musisi indonesia ^_^

    ReplyDelete
  6. @deby putra bahrodin : makasih sobat sudah mau berkunjung kemari ..
    @Asis Sugianto : nah itu dia bang, saya emang ngambil dari on the spot, hehe
    tapi semua tulisan yang ada disini asli saya tulis sendiri, ngga copas kok ..
    @addyn : iya nih, salut sama mereka ^^

    ReplyDelete
  7. Kunjungan dini hari sobat
    wah hebat nih
    maju terus untuk musisi Indonesia
    ciptakan karya yang terbaik

    ReplyDelete
  8. top... maju terus karya Indonesia, kalo boleh ijin copas bozz

    ReplyDelete
  9. Wah, Bisa aja nih ulasannya. Saya kira cuma lagu CARI JODOH dan HINGGA AKHIR WAKTU saja yang dialihbahasakan. Tapi aku suka tuh dengar versinya Fabrizio dan Christian Bautista, sebab mereka membawakannya dengan teknik vokal yg agak berbeda.

    Salam

    ReplyDelete
  10. Semoga karya-karya musik Indonesia bisa dikenal lebih banyak negara lagi.AMIN

    ReplyDelete
  11. ini info dari on the spot trans7 minggu lalu

    ReplyDelete
  12. I am actually in need for this particular info. Good thing I had the chance to visit this blog, you really made this blog a good source of learning. I'll be checking out for more updates. thanks a lot and a job well done for you!

    ReplyDelete
  13. sebenarnya untuk lagu Sempurna - Andra & The Backbone sudah ada sejak tahun 1969 dengan judul "Shiroi Iro wa Koibito no Iro" yang dinyanyikan oleh Betsy & Chris. lalu di cover kembali oleh W (ダブルユー) dengan judul yg sama pada tahun 2004, sedangkan andra di tahun 2008
    soruce :
    http://www.generasia.com/wiki/Shiroi_Iro_wa_Koibito_no_Iro_%28W%29
    http://www.generasia.com/wiki/W
    http://www.generasia.com/wiki/Betsy_%26_Chris

    ReplyDelete
  14. Ternyata 7 ya? aku taunya cuman yang wali cari jodoh itu aja.
    Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Cek di youtube : Madrigal Singers. Mereka dari filipina dan pernah menyanyikan lagu "Sempurna". Bagus banget dan aku bangga lagu ciptaan orang Indonesia dinyanyikan dgn begitu indah sama orang asing. ^_^

    ReplyDelete
  17. wah jadi bangga deh ama Indonesia, tapi koq judulnya di ubah2 gitu, apa ga masalah gan...???

    ReplyDelete
  18. Alhamdullilahhhh...ternyata lagu kita juga digemari..hee

    ReplyDelete
  19. Wooww,, Keren keren juga yaa Band indonesia,, hehe

    oia gan sekedar pemberitahuan, blog ane yg "Manisnya Belajar dan berbagi" (situsmadu.blogspot) silahkan di unfollow aja, coz sudah di expor ke CaraGampang dot Com.. jika berkenan ane minta folbeknya di situ aja. trims..

    ReplyDelete
  20. wah jadi nambah bangga, ternyata lagu indo melanglang buana juga di negri orang mantap om :)

    ReplyDelete
  21. saya palimg suka sama yang no 6 tuh..

    ReplyDelete
  22. Masih banyak lagi tau, Lagu Ratu yang TTM juga Ada, terus Lagu Anggun ada di film jab we meet, iwan fals yang bongkar juga ada cek dehh

    ReplyDelete
  23. jadi bangga nih sama Indonesia bro
    bicara indonesia, ane punya barang asli indonesia nih bro !
    monggo dilihat di Distro Gaul

    ReplyDelete
  24. maaf gan hanya koreksi untuk intropeksi, salah satu dari 7 lagu tsb coba dibandingkandengan dengan lagunya kansas (dust in the wind)
    http://www.youtube.com/watch?v=tH2w6Oxx0kQ

    ReplyDelete
  25. maaf gan untuk koreksi dan intropeksi juga, lagu noah yang baru terbit
    cba dibandingka dengan lagunya toto (afrika)
    http://www.youtube.com/watch?v=2kSIL3NU5vs

    ReplyDelete
  26. jangan NARSIS (agar kita bisa berkarya dengan jerih payah kita sendiri tidak plagiat dan jiplak) dan bisa berkaca dengan kekurangan kita, sebab orang yang tau akan kekurangannya dia akan bekerja lebih baik lagi. coba cek di youtube lagu2x ini
    http://www.youtube.com/watch?v=a2Qad-gaHMg&feature=related
    http://www.youtube.com/watch?v=bRdo7WXTVoM
    http://www.youtube.com/watch?v=tH2w6Oxx0kQ
    http://www.youtube.com/watch?v=5e1_K-JDfOk&feature=related
    http://www.youtube.com/watch?v=aCca5mPMp9A

    ReplyDelete
  27. Yang untuk lagu Sempurna, terbalik tuh, justru lagu kita itu yg nyontek lagu jepang plus ada pengaruh dari lagu Dust in the Wind.

    ReplyDelete
  28. Yang untuk lagu Sempurna, terbalik tuh, justru lagu kita itu yg nyontek lagu jepang plus ada pengaruh dari lagu Dust in the Wind.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. Sepatutnya kita bangga lagu indonesia bisa dinyanyikan musisi dari dunia.

    ReplyDelete
  31. wahh ternyata lagu nya Andra n the Backbone di nyanyikan musisi Jepang, coba ane cari.. :)

    ane sukses Follow, folback juga blog saya :
    http://danforblogg.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. follow via apa nih sob ? soalnya ane lihat follower blog udah di nonaktifkan ya ? diganti follower google +,
      mohon pencerahannya, kurang paham juga soalnya, hehehe

      Delete
  32. nina bobo skrng bsa jdi lagu langka.,, krn hampir tak ada yg mw menyanyikannya skrng..

    ReplyDelete
  33. Wah hebat juga ya musisi-musisi diatas. lagunya sudah mendunia. Salut sama lagu-lagu nya. Sangat inspiratif

    ReplyDelete
  34. Saya hanya menyukai Peterpan tapi tetap saya hormati lagu-lagu Indonesia dari band yang lain.

    ReplyDelete
  35. Yg sempurna 'nicholas teo' bukan korea kali....tapi cina

    ReplyDelete
  36. salam hangat dari kami ijin menyimak dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete
  37. sorry gan, ane cuman mau lurusin, bisa dibilang Andra and the backbone " SEMPURNA " itu nyontek dari lagu jepang yang judulnya Shiroi Iro Wa Koibito No Iro,,

    lagu Shiroi Iro Wa Koibito No Iro itu udah dari tahun 60 an yang penyanyi aslinya Betsy & Chris dan di recycle ukang sama W Double You

    http://www.youtube.com/watch?v=dCyXDYn7TDA

    sekedar refrensi aja gan biar ga keliru siapa yng plagiat...
    kalo ga ada pengamatan yang baik, kapan maju nya musik dan musisi Indonesia

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang