5 Cara Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi

20 comments
5 Cara Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi | Albab's Blog

Mungkin bagi sebagian orang bangun pagi merupakan kebiasaan yang mudah untuk dilakukan, namun tak sedikit juga orang yang merasa kesulitan untuk bangun pagi.  Padahal, dengan bangun pagi, banyak sekali manfaat yang akan di dapatkan. Pernah dengar kata-kata “kalau bangun kesiangan, nanti rezekinya dipatok ayam”  ? nah kata itu menggambarkan betapa banyak kerugian yang akan di dapat apabila bangun kesiangan, bukan hanya rezeki, namun banyak hal lainnya.

Diantara manfaat yang akan diperoleh apabila bangun pagi adalah bisa memberikan kesempatan untuk menghirup udara segar di pagi hari dan memberikan energi positif untuk memulai aktivitas. Nah, jika anda ingin merasakan manfaat bangun pagi tetapi sangat sulit untuk bangun, mungkin 5 Cara Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi dibawah ini bisa anda coba …

1.Jangan Tidur Terlalu Malam

Ini mutlak harus dilakukan apabila ingin bangun pagi. Semakin malam anda tidur, maka akan semakin besar kemungkinan anda bangun kesiangan. Mengapa begitu ? karena rata-rata manusia tidur antara 6-8 jam. Nah, agar bisa bangun pagi, usahakan sudah tidur pada pukul  9 atau 10 malam. Ini bertujuan agar tubuh memiliki cukup waktu untuk beristirahat.

Oh iya, usahakan jangan terlalu sering tidur siang. Karena, tidur siang bisa membuat mata terjaga saat malam.  Sehingga akan meningkatkan kemungkinan tidur malam diatas pukul 10, dan tentu saja meningkatkan kemungkinan untuk tidak bisa bangun pagi. Hindari juga kopi dan minuman penahan kantuk lainnya.

2.Niat Bangun Sepenuh Hati

Buat niat yang kuat dalam hati untuk bangun pagi. Meskipun tidur tidak terlalu malam, tapi kalau tidak punya niat kuat bangun pagi sama saja bohong. Saya sendiri pun selalu menggunakan cara ini untuk bangun pagi. Biasanya sebelum tidur saya berbicara sendiri di dalam kamar “bangun jam 5..bangun jam 5..bangun jam 5” berulang-ulang. Kayak afirmatif gitulah modelnya, menghipnotis diri untuk bangun pagi, hehe. Dan hasilnya, saya bisa bangun pagi seperti yang saya harapkan.

3.Pasang Alarm Secara Benar

Untuk bisa bangun pagi, memasang alarm adalah hal wajib yang tidak boleh terlewatkan. Set alarm anda sesuai dengan jam dimana anda ingin bangun. Namun sayangnya, alarm ini tidak digunakan secara benar oleh kebanyakan orang, sehingga alarm tidak memberikan andil besar dalam membangunkan orang.

Kesalahan pertama adalah meletakkan alarm di dekat telinga atau di dekat tempat tidur. Tujuannya sih mungkin agar suaranya lebih keras terdengar jika terletak di dekat telinga. Tapi, ini salah. Dengan meletakkan alarm di dekat telinga atau di dekat tempat tidur, akan memudahkan anda untuk mematikannya. Dan kebanyakan, setelah mematikan alarm, anda akan tidur lagi…

Kesalahan kedua adalah menggunakan fitur snooze pada alarm HP, yaitu menghentikan alarm selama beberapa menit lalu akan berbunyi kembali. Snooze ini memberikan kesempatan kepada anda untuk mendapatkan “bonus” waktu tambahan tidur selama beberapa menit. Setelah itu, alarm akan berbunyi nyaring kembali. Saya yakin, Ini akan membuat anda dongkol. Soalnya, tidur jadi lebih terganggu. Di beri waktu tidur - dibangunin, diberi waktu tidur - dibangunin, gitu terus sampai anda memencet tombol stop pada alarm HP anda. Selain menghabiskan waktu, ini juga akan membuat anda malas untuk bangun. Percaya deh, soalnya saya mengalaminya sendiri..hehe

Nah, solusinya adalah pasang alarm secara baik dan benar. Letakkan alarm jauh dari jangkauan anda, sehingga anda akan berusaha mematikan alarm itu dengan bangun dari tempat tidur. Yang kedua, jangan menggunakan snooze, langsung pencet stop aja apabila menggunakan alarm HP. Dan yang terakhir, apabila anda memang sangat sulit untuk bangun, pasang alarm lebih dari satu. 1 alarm jam weker, 1 alarm HP. Letakkan jauh dari jangkauan dan di tempat yang berbeda. Set pada waktu yang sama, dijamin dalam sekejap kamar anda akan berubah menjadi tempat alarm “berkicau” sahut menyahut…hahaha

4. Segeralah Bangun

Saat mata anda sudah terbuka dan sudah mulai tersadar dari tidur, segeralah bangun. Memang ini hal yang sulit dilakukan. Nikmatnya kasur dan hangatnya selimut selalu menggoda dan merengek untuk tidak melepasnya. Kebanyakan orang selalu muter badan ke kanan, lingkarin badan ke kiri, ngulet dulu, terus tarik selimut, bobo lagi.

Nah agar anda bisa bangun pagi, ketika sudah mulai bangun dan tersadar, segeralah bangun dan cuci muka untuk menyegarkan kembali tubuh anda. Memang awalnya sulit, tapi kalau dilakukan secara rutin dan terus-menerus, insya Allah ini akan mudah. Saya pun juga masih berusaha untuk melakukan ini, doain biar terbiasa yaa.. hihi

5.Minta Tolong Dibangunkan

Inilah langkah terakhir apabila semua daya dan upaya sudah dilakukan namun tetap saja tidak bisa bangun. Mintalah tolong untuk dibangunkan. Bagi pelajar SMA seperti saya yang masih tinggal bersama orang tua, saya selalu meminta bantuan ibu untuk membangunkan saya, jika masih tidur melebihi batas waktu biasanya. Nah, bagi anda yang sudah kuliah dan jauh dari orang tua, mungkin bisa meminta bantuan teman kost yang rajin untuk membangunkan. Bagi yang sudah menikah, mungkin bisa meminta bantuan istrinya untuk membangunkan, karena biasanya istri lebih rajin dari suami.

Mungkin itu saja  5 Cara Ampuh Agar Bisa Bangun Pagi dari saya, semoga bisa sedikit membantu problem anda. Jika ada yang memiliki tips ampuh lainnya, silahkan beri komentar dibawah….

Dan jika merasa artikel ini bermanfaat, +1 nya jangan lupa ya.. ^^

20 comments:

  1. wah akhir" ini saya sering tidur malam nih...jadi telat bangunnya... :(
    absen malam dulu deh

    ReplyDelete
  2. tips terakhir itu yang ampuh, minta dibangunkan.. hahahaha.. soalnya kalo udah biasa bangun agak siang, meskipun udah pasang alarm tetep aja gk bakal ngaruh.. :D

    ReplyDelete
  3. Benar sob, tips terakhir ampuh bgt, dibangunkan..
    Nice share, happy blogging..

    ReplyDelete
  4. saya tadi bangun jam 2..hehehehe..bisa bangun sendiri nih...nice share :)
    absen siang

    ReplyDelete
  5. makasih banget nih tipsnya soabat, saya juga biasanya suaah bangeu pagi sobat...

    ReplyDelete
  6. kalau ane lebih sering pasang alarm gan.. Klu udah terbiasa bangun pagi, meskipun tidur telat bawaannya dlm tidur serasa dikejar2 waktu takut telat gitu sehingga bangunnya seperti biasa :D

    ReplyDelete
  7. Kunjungan malam sobat
    lama tak kemari ^^
    ini nih kebiasaan saya meletakkan alarm di dekat telinga
    ternyata salah ya
    hehehee

    ReplyDelete
  8. Bangun pagi itu asal sebelum tidur udah diniatkan bangun, pasti nanti akan terbangun juga... heeee versi saya...

    ReplyDelete
  9. boleh nih dicoba,
    cz kebanyakkan begadang jadi lupa bagaimana rasanya bangun pagi

    ReplyDelete
  10. absen pagi disini..wah tips bangun pagi yang bagus sobat...keep posting kawan..salam persahabatn

    ReplyDelete
  11. mas, tipsnya menarik sekali... terlebih bagi saya yang susah bangun pagi, heheh
    Gerakan Hibah Buku

    ReplyDelete
  12. ane tidur cpt bangunnya tetep siang gan ...udah bakat kebo kale yak.kwkwkwk

    ReplyDelete
  13. keseringan begadang,
    sampai lpa rasanya bangun pagi itu gimana

    ReplyDelete
  14. @DWI YULIANTO | THE-XP : sama sob, ngga kerasa malam cpet banget, tapi untung saya masih bisa bangun pagi :D
    @dhenok habibie : nah ini saya pas hari minggu mbak, tetep aja ngga bisa bangun pagi, padahal pengen banget jogging bareng temen
    @Muhammad Endi : haha, apalagi yang mbangunkan ibu dengan suara melengking, dijamin bangun deh

    ReplyDelete
  15. @DWI YULIANTO | THE-XP : wah, selamat sob, tidur jam berapa tuh ?
    @Asis Sugianto : sama-sama bang ashto, semoga tips saya bisa bermanfaat
    @Eel Pecidasase : kalau sama ane ngga ngaruh gan, haha, alarm masih kalah jauh sama suara ibu ane, hehe

    ReplyDelete
  16. @rizki_ris : kemana aja nih ris ngga kesini ? semoga kebiasaannya yang salah bisa segera dibenahi ya ^^
    @Davin Mboir : mungkin ngga semua orang mas, saya aja sering niat bangun pagi, tapi tetep aja sering kesiangan
    @cream perawatan : silahkan dicoba sobat, semoga berhasil dan bisa merasakan rasanya bangun pagi :D

    ReplyDelete
  17. @DWI YULIANTO | THE-XP : wah, absen terus nih, saya ntar mampir terus deh ke blog sobat, makasih loh kunjungannya ..
    @Adang Muhammad : Semoga tips-tips saya bisa membantu sobat untuk bangun lebih pagi ya
    @klosetide : wallahu alam deh gan, hahaha
    @cream perawatan : haha, coba deh sesekali jangan begadang, terus rasain rasanya bangun pagi..

    ReplyDelete
  18. 1 lagi SObat...."BerWudhu ketika akan tidur"..Insya Alloh membantu..hehehe...salam kenal sobat...hadir perdana disini sambil follow sahabat...mudah2an terjalin silaturohim yg baik..amien...(^_^)

    ReplyDelete
  19. @mrofiuddin : wah makasi tambahannya sobat, berwudhu terus bedoa sebelum tidur, biar setan yang nempel pergi, hehe
    makasi sobat, insya Allah nanti saya follow balik :D

    ReplyDelete
  20. wah dah lama banget gak bisa bangun pagi,
    cz kebanyakan begadang

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang