Tidak Bisa Berkomentar ? Baca Ini Sobat

6 comments

Tidak Bisa Berkomentar, Baca Ini Sobat

Wah wah saya mohon maaf yang sebesar-besarnya nih buat pengunjung setia Blog saya ini. Yah mungkin inilah lika-liku perjuangan dalam berblogging-ria yang harus kulewati. Pasalnya, ada beberapa postingan yang ngga bisa dikomentar. Padahal aku udah muter-muter sana sini buat memperbaikinya, tetapi namanya manusia, tetep aja ngga bisa. Nah, jika Tidak Bisa Berkomentar ? Baca Ini Sobat..

Coba cek deh postingan-postingan saya yang jaman dahulu misalkan 10 Masjid Tertua di Indonesia, artikel yang aku posting saat awal-awal ngeblog, yang emang copas sih. Atau 6 Kekuatan Dahsyat Pada Diri Manusia, pasti artikel-artikel lama itu bisa diberi komentar. 

Tapi lihat artikel-artikel yang baru seperti Sunni Dan Kontroversi Girlband Berjilbab atau Ini Dia Jenis-Jenis Blog, pasti ngga ada kolom komentar dibawahnya. Padahal nih, artikel yang baru-baru itu banyak banget komentarnya, yah walaupun ngga sampai ratusan, tapi saya sebagai blogger pemula sangat bersyukur mendapat banyak komentar di postingan saya.

Emang kenapa kok ngga bisa dikomentar ? pasti banyak Sobat Blogger yang bertanya demikian. Sebenarnya saya ingin segera memposting artikel ini kemarin, tapi karena (lagi-lagi) blog saya error, jadi tidak sempat menulis.

Ternyata, usut punya usut artikel-artikel saya yang dulu itu menggunakan komentar bawaan blogger, sedangkan artikel yang baru-baru ini menggunakan komentar bawaan dari intensedebate. Biasa, biar blognya lebih kelihatan menarik, saya mencoba memodifikasi kotak komentar bawaan blogger menjadi kotak komentar Intensedebate yang lebih interaktif dan menarik. 

Tapi sayang, kotak komentar Intensedebate itu tidak SEO friendly, jadi jika Sobat Blogger komentar di postingan saya, tidak akan mendapatkan backlink dari blog saya. Sehingga, akhirnya saya putuskan untuk kembali menggunakan komentar bawaan blogger. Tapi apa terjadi…

Artikel-artikel baru itu yang mempunyai komentar antara 30-40 komentar lenyap begitu saja. Ternyata, semua komentar yang masuk disimpan di directory Intensedebate. 

Sehingga ketika digunakan kembali kotak komentar bawaan blogger, semua komentarnya hilang. Tidak hanya itu, kotak komentar bawaan blogger juga tidak mau muncul di artikel-artikel itu. Nah kan kasian sobat blogger yang mau komentar. Beberapa hari ini saya absen menulis di blog saya, soalnya sibuk cari ilmu sana-sini untuk memperbaiki kotak komentar itu. Tetapi tetap saja hasilnya nihil.

Nah, sekiranya ada nih Sobat Blogger yang mampir disini, terus membaca postingan ini dan bisa membantu, saya sangat berterimakasih. Bisa hubungi saya di e-mail di albabalpachino@gmail.com

Saya sangat berharap, masalah ini dapat segera terselesaikan, walaupun komentar yang banyak dulu menjadi nol lagi, saya ikhlas, asalkan kotak komentarnya muncul lagi. Tetapi, bagi yang ingin berkomentar, jangan khawatir, artikel Langkah Cerdas Menghadapi Kuis dan artikel-artikel terbaru setelahnya bisa diberi komentar.

Terakhir, harapan saya semoga saja ada master yang suka otak-atik website mampir kesini dan masalah kotak komentar yang hilang bisa segera diatasi. AMIIN :D

[UPDATE !]ALHAMDULILLAH, AKHIRNYA KOTAK KOMENTAR DI ALBAB'S BLOG SUDAH BISA MUNCUL KEMBALI..

Ternyata masalahnya terletak pada settingan posting blog saya sendiri. Disana saya memilih opsi komentar pembaca dengan 'Jangan bolehkan, tunjukkan yang ada'. 

Mungkin ketika saya pindah dari komentar asli blogger ke Intensedebate secara tidak sadar mengikuti tutorial yang memerintahkan menggunakan opsi itu.

Jadi kesimpulannya adalah, jika mengalami masalah lihat dari sudut pandang yang paling sederhana dulu.

Pernah suatu ketika di sekolah saya ada komputer yang tidak bisa menyala. Diutak-atik kesana kemari kok tidak nyala-nyala. Eh taunya ada yang ngelepas kabelnya dan lupa gak dipasang lagi. hehe

6 comments:

  1. Kunjungan sore sobat
    Templatenya ganti atau gimana nih?
    Perasaan aku kapan hari bisa comment di Sunni girl band

    ReplyDelete
  2. @rizki_ris: iya dulu make intensedebate, sekarang make komentar asli dari google, nah malah ngga keluar komentarnya *pusing

    ReplyDelete
  3. restore ajah template aslinya yg belum diutak-atik, atau kalau mau bersusah payah seperti yg saya lakukan, Ini pengalaman widget menu di header blog nggak muncul ydengan cara sbb:

    1. copy template sekarang (expand widget JANGAN dicentang), kemudian paste ke editor PHP atau html.
    2. Buka template original yg belum diutak atik dengan editor
    PHP atau html.
    3. Bandingkan keduanya terutama di bagian komentar.
    4. Bila sudah ditemukan bagian yang bermasalah, copy paste saja bagian yg benar dari original ke template sekarang.

    semoga berhasil....

    happy blogging

    ReplyDelete
  4. @Sakahayang Kang Asep : wah terima kasih bang sarannya, saya simak dulu bang *garukgaruk kepala
    doain semoga berhasil ya :D

    ReplyDelete
  5. Blog saya juga tak bisa kotak kolom komentarnya menghilang,,

    Bingung,, udah tax2 di om google semuanya gagal..


    Caappee dechh...

    Anonymous aja yach...

    ReplyDelete
  6. ini blog kami,, tapi blog kamitidak bisa di komntr..gimana caranya supaya bisa dikomentar ???...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang