5 Pondasi Agar Blog Makin Perkasa

45 comments
Setiap blogger tentu mendambakan dapat memiliki sebuah blog yang kokoh dan perkasa dengan traffic yang terus berdatangan tanpa diminta. Tetap kokoh berdiri tegak walaupun banyak bermunculan blog-blog baru dengan topik sejenis yang siap bersaing memperebutkan halaman pertama google. Juga memiliki blog yang memiliki daya tarik di hati para pembacanya serta update blog yang selalu ditunggu kehadirannya. Saya pun sangat medambakan hal itu.

Nah untuk mewujudkan hal tersebut, sebuah blog harus memiliki pondasi yang kuat. Ibarat sebuah rumah, jika Anda ingin mendapatkan sebuah rumah yang kokoh lagi kuat, maka pondasi rumah Anda juga harus kuat.

Sama halnya dengan blog. Jika Anda ingin memiliki blog yang kokoh lagi perkasa, maka yang Anda butuhkan adalah pondasi blog yang kokoh dan kuat. Pondasi itulah yang nantinya akan dijadikan dasar dalam mengembangkan dan membangun blog.

Ilustrasi Blog Perkasa via www.slowtrav.com
Sebelumnya saya juga sudah pernah menulis tentang kelebihan-kelebihan khusus yang dimiliki seorang Blogger. Mungkin Anda bisa membacanya nanti jika berkenan.

Baiklah, inilah dia 5 Pondasi Agar Blog Makin Perkasa. Semoga bermanfaat.

1.Loading Blog Harus Cepat

Sebisa mungkin buat blog Anda ter-loading secara cepat. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke blog Anda. Konten bagus namun tidak diiringi dengan loading blog yang cepat akan membuat pengunjung menjadi malas untuk mengunjungi blog Anda lagi (return visitor). Hal tersebut disebabkan karena mereka mendapatkan pengalaman pengguna (user experience) yang buruk ketika mengunjungi blog Anda.

Dengan loading blog yang cepat, besar kemungkinan akan menarik pengunjung untuk datang lagi (return visitor) ke blog Anda, walaupun tetap tidak mengesampingkan faktor-faktor lain yang juga berpengaruh.

Anda dapat mengukur seberapa cepat loading blog Anda dengan menggunakan dua tool online di bawah ini:
1. PageSpeed Insights

2. GTmetrix 

2.Gunakan Warna Dasar

Pernahkah Anda melihat sebuah blog yang meski hanya menggunakan desain sederhana namun Anda merasa nyaman dan ingin berlama-lama disana?

Menurut saya, itu merupakan efek dari warna blog yang digunakan. Riset membuktikan bahwa warna dasar lebih mudah dilihat oleh manusia daripada warna lainnya. Yang termasuk warna dasar disini adalah putih, hitam, merah, biru dan hijau.

Coba lihat Google, Wikipedia, atau mungkin blog di Indonesia yang terkenal seperti Kang Ismet. Warna digunakan pada blog mereka adalah warna putih, salah satu jenis warna dasar.

Teori warna dasar ini juga banyak digunakan oleh para master SEO ataupun blog-blog tutorial yang terkenal. Rata-rata dari mereka menggunakan background blog warna putih. Ternyata warna memiliki andil yang cukup besar dalam menbentuk pondasi sebuah blog.

Saya pun menggunakan warna putih sebagai background pada blog ini. Padahal dulunya blog ini ber-background coklat. Saya juga merasakan adanya perbedaan ketika membaca di blog saya sekarang yang ber-background putih dengan ketika membaca di blog saya dulu yang ber-background coklat.

Dengan warna putih, saya lebih menikmati artikel meski artikel tersebut sangat panjang sekalipun. Ini sangat berbeda ketika blog saya masih ber-background coklat yang notabene bukan warna dasar. Membaca artikel tidak seasyik ketika membaca di blog ber-background putih. 

Apakah anda juga merasakan hal yang sama seperti saya ? sudahkah background blog Anda menggunakan warna dasar ?

3.Font Yang Mudah Dibaca

Selain warna, ternyata font juga mempengaruhi kuat tidaknya pondasi blog. Jika Anda mempunyai artikel atau informasi bagus di blog anda, namun dipoles dengan menggunakan font yang 'merusak mata', maka mungkin saja pengunjung akan segera pergi bahkan sebelum mereka membaca habis seluruh artikel Anda.

Pengunjung akan betah berlama-lama berada di sebuah blog bukan hanya karena tulisan yang menarik, namun juga karena tulisan yang mudah dibaca.

Menurut penelitian beberapa pakar, font yang mudah dibaca oleh mata manusia adalah : Arial, Tahoma dan Verdana. Saya pun juga mempraktekkan cara ini, dengan menggunakan font Verdana pada blog ini.

4.Konten Adalah Segalanya

'Content is a King!' begitulah saya menyebutnya. Blog tanpa konten? sama saja bohong. Blog berisi konten, namun cuma hasil copy paste? tidak akan punya value dimata pengunjung. 

Lalu konten apa yang dimaksud? konten yang dimaksud adalah konten original dan bermutu. Original dan bermutu saja? tidak, konten Anda juga harus bermanfaat bagi pengunjung. Itulah makna konten blog yang sebenarnya. Dengan konten yang seperti itu, saya yakin pengunjung akan datang dengan sendirinya ke blog anda tanpa diminta.

Memang inilah hal tersulit dalam proses pembuatan pondasi blog. Membuat konten bermutu tidaklah semudah membalikkan kedua telapak tangan. Butuh waktu, latihan dan kerja keras dalam proses membuat konten yang bermutu.

Nah, kunci dalam membuat konten yang bermutu adalah 3P, yaitu PRAKTEK, PRAKTEK, dan PRAKTEK, haha ^__^. 

Teruslah berlatih untuk membuat konten yang bermutu. Saya yakin, suatu saat nanti pasti Anda akan bisa membuat konten yang bermutu dan disukai oleh pengunjung serta mendatangkan traffic yang berlimpah ke blog Anda.

5.Eksis-kan Blogmu

Hal ini juga tidak kalah penting dengan pondasi-pondasi blog lainnya. Sebagus apapun blog Anda, jika tidak ada yang tahu keberadaannya, maka sama saja bohong. Bagaimana mau dikunjungi pengunjung jika alamat blog Anda belum ngeksis di jagat internet—dalam hal ini Google

Jadi, promosikanlah blog agar banyak orang yang tahu keberadaan blog Anda, semisal submit URL ke google, submit sitemap, kirim artikel ke social bookmark, blogwalking, tukar link, dan promosi-promosi lainnya.

Mungkin itu saja Hal-hal Dasar Agar Blog Semakin Perkasa. Kelima pondasi diatas hanyalah langkah awal saja dalam membangun blog. Tentunya, masih diperlukan cara-cara ampuh lainnya dalam membangun blog agar semakin perkasa. Anda punya pendapat lain ? share it guys…

Selamat membangun blog!

45 comments:

  1. Kunjungan malam sobatt
    Lima pondasi sangat penting,tapi yang paling penting konten. Ngeblog khan tujuan utamanya bherbagi artikel, jadi saya setuju kalau konten adalah segalanya
    d^^b sip
    oia ada bingkisan kecil untuk sobaat

    ReplyDelete
  2. mantabss sob tipsnya, happy blogging dan sukses selalu:}

    ReplyDelete
  3. mantap sob, tutorialnya diamankan dulu nih

    ReplyDelete
  4. thankz buat infonya jangan lupa maen ke http://phantasmgorinaz.blogspot.com/ juga ya^^

    ReplyDelete
  5. GREAT POST!
    trims info nya bang..

    Syukurlah, sudah membangun kelima pondasi ini di blog saya sendiri ^^

    ReplyDelete
  6. masalah loading blog selalu jadi kendala .....terimakasih infonya , segera saya perbaiki loading beberapa blog saya

    ReplyDelete
  7. Yup, seperti komentar di atas, saya juga masih terkendala dgn masalah loading blog mas. Sampai sekarang juga masih memikirkan bagaimana caranya agar blog ter-loading dgn lebih cepat.

    Memakai warna dasar juga ampuh, tapi herannya kok masih ada saja ya blog yg memakai warna2 gelap. Apa ngga sakit mata tuh yg bacanya? hehe :D

    ReplyDelete
  8. nah, kalo bikin blog biar loadingnya cepat itu yg gimana caranya yaa ??
    apa widget yg tidak perlu harus dihapus?

    ReplyDelete
  9. contoh blog anda ini nech loading nya cepat

    ReplyDelete
  10. Saya paling sepakat bagian konten :)
    Keaslian konten itu yang dicari.
    Tak sekedar mencomot konten orang demi populer :)

    Namanya juga blog, orang menginginkan konten yang bercerita pada si pembaca . Banyak sekali pengalaman hidup atau keseharian kita atau tema-tema terkait hobi yang bisa kita angkat dalam blog kita :)

    Join Fan Pages VIVAlog
    Best Regards, Gal's

    ReplyDelete
  11. mantaps..! tips2x gan..., thx sdh dishare.., happy blogging.., :)

    ReplyDelete
  12. Tips yang sangat menarik, mudah-mudahan dengan tips ini blog ane bisa makin perkasa, he..he.., thanks sudah berbagi sobat..

    ReplyDelete
  13. wah,, mantaf tuh sob
    bagus tips nya
    nice share

    Salam Silaturahmi

    ReplyDelete
  14. mantap nih tips nya....tnkyu ya..mau dicoba dulu...:)

    ReplyDelete
  15. Saya juga lagi niat ganti warna dasar ke putih tanpa menghilangkan konsep designnya :) Tapi masih butuh proses. Kalau mau ganti yang lain bisa aja, tapi udah terlanjur cinta dengan konsep yang ada..
    Jika sudah senggang mau di coba ganti, kalau saat ini masih sibuk, Posting dan BW di sela-sela kesibukan.
    Alasaaaaan ajaaa hehe

    ReplyDelete
  16. @rizki_ris : iya ris, makanya saya menyebut konten adalah raja, penting banget soalnya..
    bingkisan apa lagi nih ? kapan ya saya yang gantian bisa ngasi bingkisan, haha
    @Muro'i El-Barezy : makasi sob, happy blogging dan sukses juga buat sobat :D
    @Mas Tosu : silahkan diamankan sob, jangan lupa, sering-sering maen kesini yaa..hehe

    ReplyDelete
  17. @Rostina Alimuddin : makasi sob udah berkunjung, tunggu kunjungan balik saya yah
    @AuL Howler : sama-sama bang, wah selamat deh bang, semoga blognya bisa makin PERKASA, hehe
    @Gede : ok ok ok

    ReplyDelete
  18. @jual xamthone plus : iya sob sama-sama, semoga info dari saya ini bisa berguna bagi sobat. Dan semoga sukses dengan perbaikan blognya ^^
    @Darin : loading blog saya juga belum sepenuhnya cepat kok mas, kalau udah ketemu caranya share ke saya ya, hehe..
    @Klaudia Dini : itu salah satunya mbak, terus jangan kebanyakan masang gambar-gambar besar di blog, untuk lebih lengkapnya silahkan tanya mbah gugel.. pasti dia tau lebih banyak daripada saya, hehe

    ReplyDelete
  19. @ASAZ : ngga juga kok sob, saya malah merasa blog ini termasuk agak berat..
    @gal : iya bener banget, bahasan yang bisa ditulis pada konten itu banyak, ngga hanya seluas daun kelor. tapi kenapa kok masih banyak juga ya orang yang suka comot artikel orang..
    langsung join deh bang ini fanspage :D
    @Lentera Langit : makasi sob, senang bisa membantu sobat, happy blogging juga ^^

    ReplyDelete
  20. @COF : amiin, doakan blog saya biar makin perkasa juga yah, hehe
    @Cendekiawan IT : tengks mas davin, jempol 4 juga untuk samean mas :D
    @Indonesia : makasih sobat, senang bisa berbagi hal yang bermanfaat untuk sobat
    salam silaturahmi

    ReplyDelete
  21. @Arickszone : monggo sob dicoba tipsnya..
    @Lensa : hahaha, ngga harus warna putih kok mbak lensa, warna dasar lainnya juga boleh..kalau udah terlanjur cinta, ya mau gimana lagi ? tunggu sampai bosen aja, baru ganti, hehe

    ReplyDelete
  22. Saya pikir pakai viagra :D wkwkwk

    Poin 2, warna dasar. Salah satu alasan kenapa saya mengganti tema lama dengan tema yang saya pakai sekarang ini. Tapi warna dasarnya tidak putih sih, melainkan krem.

    ReplyDelete
  23. Tutorialnya dapat sebagai motifasi ngeblog Sob, trims atas sharingnya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  24. Tambahin Navigasi kk!

    Blog ato website mapan tu website yg navigasinya nyaman.. :)

    ReplyDelete
  25. informasi lima pondasi yang sangat bermanfaat untuk kemajuan blog..trimakasih sobat sudah berbagi info :-)

    ReplyDelete
  26. s7....

    yap ini yg ku suka blognya gampang diakses

    ReplyDelete
  27. mantasb sobat,, sepertinya pondasi blog saya sama seperti yg sobat utarakan,
    tapi saya ada tambahan sobat. yaitu perbanyak teman blogger untuk mendukung tarfik kita dan menyumbangkan backlin untuk blog kita sobat, itulah pondasi terpenting sobat...

    ReplyDelete
  28. Yups, saran yang sangat bagus untuk para blogospere,,
    memang dibutuhkan kerja keras juga ya utk membuat blog kita jadi perkasa,,,

    Ok freen makasih yah udah berkunjung ke blog ku, salam :)

    ReplyDelete
  29. mampir lagi sobat menyambung silahturahmi sobat...

    ReplyDelete
  30. satu dua ud gan, berarti ud pantes ya. ane lanjutin yang selajutanya ah, font dan kontent ane perbaiki terus sambil jalan. tenkyu

    ReplyDelete
  31. sip, bener bos. saya kurang banget terutama di jaringan, jadi numpang share link ya mas

    http://dinisked.blogspot.com/

    matursuwun

    ReplyDelete
  32. mantap bang infonya..! blog ane kayanya perlu di renovasi ulang juga nich, pd kusam..he he :D ..blog walking ..Thx.

    ReplyDelete
  33. Blog walking sih boleh aja, asal berkomentar sesuai konten. Belakangan ini blogwalking kebanyakan hanya dimanfaatkan untuk backlink, berkomentar pun seadanya seperti "nice post", "salam kenal". Kebanyakan yang seperti ini tidak pernah membaca artikel.

    ReplyDelete
  34. makasih gan atas infonya,semoga bisa di ikutin.,.,.

    ReplyDelete
  35. mantap .,.,dapat penceraahan lgy

    ReplyDelete
  36. keren artikelx. Aq promosi blog nih. Infobantaeng.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. oke mas, terima kasih tips nya :)
    berkunjung juga ya ke blog saya

    http://ElmoJuanara.blogspot.com atau http://BelajarOnlineStore.blogspot.com

    terima kasih :D

    ReplyDelete
  38. thanks gan, beritanya bermanfaat banget buat ana..

    join ke web ana yuk siapa tau bermanfaat banget buat anda sekalian


    http://bisnisonlinebebasgaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  39. Thx infonya... semoga blog or situs ane bisa perkasa... :)

    ReplyDelete
  40. Informasi yang sangat menarik..bisa saya praktikkann langsung

    ReplyDelete
  41. terima kasih sudah berbagi ilmu yang sangat berguna dan bermanfaat ini dan sangat tertolong dengan artikel ini, Saya berharap bisa membaca artikel anda selanjutnya..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang