3 Cara Murah Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

31 comments

3 Cara Murah Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sudah menjadi kebutuhan di zaman modern seperti sekarang ini. Bahasa inggris adalah satu-satunya bahasa yang dapat dimengerti di setiap negara di dunia. Sehingga tidak heran apabila bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang umum digunakan oleh setiap orang. Sudah lebih dari 100 negara di dunia menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

Tidak hanya itu, dengan memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, tentunya akan banyak memberikan manfaat kepada anda. Manfaat-manfaat itu antara lain, mempermudah anda memasuki dunia kerja, membuka wawasan yang lebih luas karena anda bisa membaca buku bahasa Inggris, mendapatkan informasi yang berguna dari website berbahasa Inggris, dan tentunya anda bisa berkomunikasi dengan berbagai macam orang di dunia serta masih banyak lagi manfaat yang akan didapat apabila memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik.

Namun, kenyataannya masih sedikit orang yang tergerak untuk lebih mendalami bahasa Inggris. Alasannya mungkin karena biaya yang terlalu tinggi untuk les ataupun tidak ada waktu belajar bahasa inggris disela-sela kesibukan yang padat. Nah, mungkin 3 Cara Murah Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris ini bisa membantu anda meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan mudah dan murah. Ini dia !

1.Mendengarkan Lagu Barat

Ini adalah cara yang diberikan langsung oleh guru TOEFL saya. Kata beliau, dengan mendengarkan lagu barat, maka secara tidak sadar, anda berlatih untuk mendengarkan orang lain berbicara bahasa inggris. Selain mudah dilakukan cara ini juga mengasyikkan ! Guru TOEFL saya pun berbagi cerita mengenai band-band favoritnya ketika mendengarkan lagu berbahasa Inggris ini, beliau menyukai Green Day dan Simple Plan. Terbukti, beliau bisa menyanyikan lagu American Idiot, 21 Guns, dan Take My Hand dengan fasih dan sangat lancar.

Tetapi bagi anda yang memiliki keterbatasan vocabulary atau kosakata bahasa inggris dan tidak bisa memahami lagu tersebut hanya dengan mendengarnya saja, ada cara lain yang tak kalah mengasyikkan. Saya pun sering menggunakan cara ini. Caranya adalah dengan menggunakan software penampil lirik lagu, saya biasanya menggunakan Minilyrics untuk membantu menampilkan lirik lagu barat tersebut, sehingga sambil belajar anda bisa berkaraoke ! haha.

Minilyrics sebenarnya adalah software yang sudah lama keluar. Software ini berfungsi untuk menampilkan lirik lagu yang kita putar di alat pemutar lagu seperti winamp, windows media player, dsb. Jadi, ketika anda membuka winamp misalnya, software ini akan otomatis muncul untuk menampilkan lagu yang anda putar. Tetapi, software ini hanya software pembaca lirik, sehingga anda harus terhubung dengan internet untuk mencari lirik yang sudah ada pada direktori mereka. Namun jangan khawatir, apabila anda sudah terhubung dengan internet, software ini akan otomatis mencari sendiri file liriknya dan menampilkannya di layar komputer anda. Banyak kok direktori lagunya, lagu korea sama lagu Thailand waktu saya coba dulu juga keluar teks liriknya, hehe.

Minilyrics-nya bisa didownload disini

Selain akan menambah kemampuan mendengar, dengan mendengarkan lagu barat dan melihat liriknya akan menambah kosakata bahasa inggris anda. Apabila terdapat kosakata yang tidak dimengerti, maka anda akan tergerak untuk mencari artinya bukan ? nah setelah ketemu artinya, tulis pada kertas dan kalau bisa ditempel agar tidak lupa. Bila menemukan kosakata yang tidak dimengerti lagi, cari artinya lagi, lalu tuliskan di kertas itu lagi, sehingga akan terkumpul banyak kosakata.

2.Melihat Film Barat Tanpa Subtitle

Kebanyakan dari kita ketika melihat film-film luar negeri selalu menggunakan subtitle untuk memudahkan memahami jalan cerita. Memang, kita akan memahami jalan cerita film itu, tetapi tidak ada proses pembelajaran yang terjadi. Cara ini juga diberikan oleh guru TOEFL saya, hehe. Beliau berkata begini “kalau lihat film barat, ngga usah pake subtitle, biar kamu belajar.”

Dengan melihat film tanpa subtitle, anda akan dilatih untuk mendengar, mengamati dan memahami. Mendengar percakapan dalam dialog di film, lalu mengamati grammar yang diucapkan oleh sang aktor dan juga memahami jalan cerita dengan kemampuan menerjemahkan dialog tersebut. Sama halnya saat mendengarkan lagu, apabila anda menemukan kata dalam film yang tidak anda mengerti, coba cari artinya lalu tuliskan pada sebuah kertas. Selanjutnya lakukan seperti apa yang saya katakan pada bahasan sebelumnya.

Memang tidak enak jika melihat film tanpa subtitle bagi anda yang belum terbiasa. Saya pun sering mengeluh ketika mendapatkan film tanpa subtitle “waduh, filmnya ngga ada subtitlenya”  hehe. Saran saya, pilih waktu ketika mood sedang bagus untuk melihat film tanpa subtitle, karena mungkin melihat film barat tanpa subtitle akan mengurangi kenikmatan anda ketika melihat film, kecuali bagi yang terbiasa. iya nggak nih ? haha

3.Membaca Komik Manga Berbahasa Inggris

Nah kalau cara ini opsional, tergantung masing-masing orang. Kalau saya pribadi memang suka membaca komik manga di Internet, semacam Naruto, Bleach, maupun One Piece. Daripada membeli komiknya yang terbitnya lama dan ketinggalan cerita, lebih baik membaca manganya perchapter lewat internet. Selain gratis, juga bisa mengikuti perkembangan cerita terakhir.

Nah, komik-komik manga ini biasanya terbit pertama kali dalam bahasa inggris, baru kemudian ada yang menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Jika ingin menambah kemampuan berbahasa inggris, lebih baik menggunakan komik yang bahasa inggris saja. Efeknya dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris kurang lebih sama seperti ketika mendengarkan lagu dan melihat film.

Nah, berikut ini adalah website yang sering saya kunjungi untuk membaca komik manga berbahasa inggris :  
Bagi anda yang tidak suka membaca komik manga mungkin bisa mencobanya dengan membaca portal berita berbahasa Inggris seperti  BBC dan Reuters ataupun apa saja yang membuat anda nyaman membacanya.

Mungkin itu saja 3 Cara Murah Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, khususnya dalam menambah perbendaharaan kosakata. Bagaimana ? murah meriah bukan ? Namun, apabila anda ingin lebih mendalami bahasa Inggris secara keseluruhan, lebih baik ikut aja kursus bahasa Inggris, haha. Ok, jika ada yang memiliki pendapat lain, saya tunggu komentarnya…

31 comments:

  1. simpel juga ya tipsnya ..
    tapi yang susah itu baca film ga pake subtitle

    ReplyDelete
  2. @momod : nah seperti yang saya bilang, pilih waktu yang tepat saat mood sedang baik aja, soalnya bisa ngurangi kenikmatan liat filmnya, hehe

    ReplyDelete
  3. kebetulan saya gk pinter bahasa inggris sob ! nice share !

    ReplyDelete
  4. @Grend : wah kebetulan nih, semoga dengan tips sederhana saya itu bisa membantu sobat yah ^^

    ReplyDelete
  5. Saya jadi ingat waktu di kampus, tips nomor 1 ini sering dipergunakan. Mendengarkan lagu delam bahasa Inggris Kami disuruh mencari kata-kata kerja di dalam setiap baitnya...
    Metode ini digunakan karena lebih mudah memahami kalimat (cerita) dari lagu. Dengan lagu barat yang dinyanyikan oleh penyanyi asli sono, kita bisa belajar translate, menambah vocab dan juga mengasah listening (anggap saja native speaker)
    Nice post :)

    ReplyDelete
  6. wah tips" yang bgus nih...saya juga gag begitu bisa nih sama bahas inggris....tips yang sangat berguna..thx ya :)

    ReplyDelete
  7. resep pertama layak dicoba (niatnya buat karaokean hehe..) download ah.. thanks ya =)

    ReplyDelete
  8. @Lensa : wah ternyata ngga hanya guru TOEFL di sekolah saya saja ya, di kuliah pun juga menggunakan metode ini..
    makasih sudah berkunjung sobat :D
    @DWI YULIANTO | THE-XP : sama-sama sob, semoga tips-tips saya bisa membantu sobat lebih memahami bahasa inggris
    @gaLink : mau karaokean ato belajar bahasa inggris nih bang ? haha, silahkan didownload bang...
    @DWI YULIANTO | THE-XP : wah dapet hadiah ? apaan ya kira-kira, segera meluncur kesana kawan :D

    ReplyDelete
  9. Belajar pake ini juga bisa gan...

    http://mboir.blogspot.com/2011/12/learn4good-website-belajar-toefl.html

    ReplyDelete
  10. Kalau kita tonton film barat tanpa subtitle nya sih agak dikit ngerti apa yg diucapkan, tapi ngucapinnya bhs inggris nya yg susah,,,sama kayak org bule ngomong bhs indonesia gitu kali ya,hhehehe

    ReplyDelete
  11. Tips nomor 1 saya sudah merasakan khasiatnya..
    Tips nomor 2 saya malah jadi bingung.. heheh
    Tips nomor 3 mantabbss.. kita bisa ngerti kata lewat gambarnya.. :D

    nice post sob :) happy blogging

    ReplyDelete
  12. kalau bahasa inggris saya jangan dipertanyakan lagi sobat, hancur bin kacau habis sobat... heheheh

    ReplyDelete
  13. absen disini sobat sembari menungggu posting terbaru dari sobat :)

    ReplyDelete
  14. kalo saya lbh sring, udah dapat kosa kata baru, praktekkan n sring2 liad film2 barat (film action dah)

    ReplyDelete
  15. Tambahan mas: sering-sering aja gaul dengan Bule dan ngobrol bahasa Inggris. Dijamin nanti hasilnya lebih oke ketimbang produk kursus :D

    ReplyDelete
  16. jadi gitu ya gan, emm aku sering kalau gitu tapi masih belum ningkat2 nih kemampuanQ berbahasa inggris

    ReplyDelete
  17. Saya sering melakukan yg nomer 1 dan 2 sob, serta utk melatih kadang saya chat dg org non indonesia. Ya emang gratul² sih.. tapi dg conversation berupa tulisan akan lbh mudah memahami kata dan memperbanyak perbendaharaan.

    Trims buat tips simple-nya ini.. Happy blogging :)

    ReplyDelete
  18. terima kasih atas sarannya... heheh sama softwarenya jg...

    kunjungi balik ya gan di

    http://karimalamin.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. Hadir lagi di sini.
    Sobat, ada award buat sobat. diambil ya :)

    ReplyDelete
  20. Wah mantab gan, izin bookmark sob

    ReplyDelete
  21. @rizal : iya sob, ngucapin dengan fasih itu emang sulit, mungkin lidahnya ngga cocok kali ya, hehe ^^
    @Ahmad Zuhdi Travelife : wah suka baca-baca manga online ya sobat ? kalau yang nomer 2 binggung, ngga usah dipraktekin aja ..
    @Asis Sugianto : wah, beneran nih ga bisa bahasa inggris bang ashto ? kukira udah master *nyindir, haha

    ReplyDelete
  22. @DWI YULIANTO | THE-XP : stay terus di albab's blog yah, tunggu postingan selanjutnya..sedang minim ide nih ^^
    @How To Be Vegetarian : iya bner itu sob, kalo udah tau tapi ga dipraktekin sama aja bohong mah, haha
    @Darin : Wah tambahan yang bner banget mas ! saya kelupaan nih, makasi banyak mas atas tambahannya :D

    ReplyDelete
  23. @system of blog : latihan dan terus latihan aja sobat, saya yakin suatu saat sobat pasti bisa ! keep spirit!
    @arie5758 : sama-sama sob, happy blogging juga :)
    @Mochammad Karim Al Amin : sama-sama sobat, oke tenang saja, saya pasti berkunjung kesana kok ^^

    ReplyDelete
  24. @Lensa : wah saya dapat award ? makasi banyak kakak Lensa, segera saya ambil awardnya
    @Royn : monggo gan, ga usah sungkan-sungkan, bookmark aja, hehe

    ReplyDelete
  25. mampir lagi nih di blog sobat terbaik...

    ReplyDelete
  26. maaf gan sebelumnya, saya udah nyoba tips ini lama banget, tp tetep ga bisaa, apa itu bisa diartikan saya-nya yang lemot ya......... klo ada tips lain mohon di share ke saya Gan

    ReplyDelete
  27. informasi yang bagus sob
    patut di simak
    terimakasih info nya :)
    sukses buat anda

    ReplyDelete
  28. Tips yg sederhana tapi ok punya... thanks gan...

    ReplyDelete
  29. kalo aku, aku lebih sering nglakuin yang no1 dan no2 yaitu dengerin song west dan look film2 west #katamasanang :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang